AsliDomino

Susah buang air besar meski kamu sudah duduk lama di toilet? Bisa jadi kamu mengalami sembelit atau konstipasi, nih. Jangan takut, keluhan perut sakit ini sebenarnya umum dialami siapa saja, kok.

Merujuk penelitian yang diterbitkan dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, sembelit merupakan ganguan gastrointestinal (GI) yang umum terjadi, dengan prevalensi pada populasi umum sekitar 20 persen.

1. Apel

Apel dikenal sebagai buah yang mempunyai kandungan serat yang tinggi. Menurut laman NutritionData, satu buah apel berukuran sedang dan kulitnya (sekitar 182 gram) mengandung 4,4 gram serat atau 17 persen dari asupan harian yang direkomendasikan.

Dari 4,4 gram serat, terdapat sekitar 2,8 gram serat yang tidak larut, sedangkan ada 1,2 gram merupakan serat larut. Sebagai informasi, sebagian besar serat makanan pada apel ini dikenal dengan pektin yang berperan untuk melancarkan BAB.

2. Kacang-kacangan

Kebanyakan varietas kacang mengandung serat yang tinggi, sehingga ampuh untuk melancarkan BAB. Serat kacang-kacangan itu sendiri terdiri dari serat larut dan tidak larut yang baik untuk tubuh.

Kamu bisa memasukkan kacang-kacangan dalam berbagai makanan enak seperti sup, saus, salad, dan camilan.

3. Yoghurt dan kefir

Meskipun mengonsumsi susu bisa bikin sembelit, tetapi produk susu fermentasi seperti yoghurt dan kefir punya efek sebaliknya. Kandungan mikroorganisme (probiotik) yang tinggi pada yoghurt dan kefir bisa dimanfaatkan sebagai pelunak feses dan meningkatkan kesehatan usus.

4. Ubi jalar

Tidak hanya menyediakan sejumlah mineral dan vitamin, ubi jalar juga memiliki serat yang tinggi, lho. Menurut Departemen Pertanian Amerika Serikat (USDA), satu ubi jalar ukuran sedang (150 gram) mengandung 4 gram serat tidak larut seperti pektin, lignin, dan selulosa.

Dari studi berjudul “AGEN POKER ONLINE TERBAIK ” yang dimuat dalam Cancer Nursing tahun 2016, sebanyak 57 pasien leukemia yang melakukan kemoterapi diminta mengonsumsi ubi jalar selama beberapa hari (FYI, salah satu efek samping kemoterapi adalah sembelit). Ternyata, dalam waktu 4 hari saja, pasien lebih mudah BAB dan melaporkan perutnya lebih nyaman dibanding mereka yang tidak mengonsumsi ubi jalar.

5. Bayam, brokoli, dan sayuran hijau lainnya

Sayuran hijau seperti brokoli, bayam, dan kubis Brussel tidak hanya kaya serat, tetapi juga sumber vitamin K, vitamin C, dan folat yang baik untuk kesehatan. Selain itu, sayuran hijau juga dapat menambah massa tinja, sehingga mudah dikeluarkan usus.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *