BerkahPoker – Makanan sisa memang bisa menjadi penyelamat di kala kita tidak punya makanan lain untuk sarapan, makan siang, atau makan malam. Cukup dipanaskan dengan microwavemagic jar, atau di atas teflon, kita bisa menikmatinya dengan cepat.

Namun, ternyata tidak semua bahan makanan sisa baik untuk dimakan, lho. Ada sejumlah jenis makanan yang akan membuatmu sakit perut atau keracunan ketika didiamkan semalaman di suhu ruangan dan dipanaskan lagi keesokan harinya. Apa sajakah itu? Simak berikut ini!

1. Jamur

Pikir dua kali sebelum kamu menghangatkan makanan sisa yang mengandung jamur. Menurut organisasi European Food Information Council, bahan makanan tersebut mengandung protein yang bisa rusak karena bakteri dan enzim jika tidak disimpan dengan baik.

Kemudian, ketika jamur dihangatkan kembali, kandungannya yang berubah akan membuat kita sakit perut setelah memakannya. Namun, ada trik untuk mengakalinya. Pastikan sisa jamur disimpan dalam wadah yang tertutup rapat di kulkas dan jangan menyimpannya lebih dari 3 hari.

2. Bayam

Kaya akan zat besi dan nitrat, bayam adalah sayuran yang sangat menyehatkan. Namun, semua manfaatnya akan hilang ketika kamu mengonsumsinya setelah menjadi makanan sisa.

Dilansir AGEN POKER ONLINE , memanaskan kembali bayam akan mengubah nitrat menjadi nitrosamine. Beberapa jenis zat tersebut memiliki sifat karsinogenik atau bisa meningkatkan risiko kanker. Duh!

3. Seafood

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), mengatakan bahwa seafood mentah yang dibekukan aman untuk dimasak kembali. Namun, ini tidak berlaku untuk seafood mentah maupun matang yang telah disajikan.

Jika disimpan dalam suhu ruangan, seafood sebagai makanan sisa rawan menjadi sarang bakteri. Ketika dimakan, makanan tersebut berisiko untuk menimbulkan keracunan atau terserang gangguan pencernaan. FDA bahkan merekomendasikan untuk membuang seafood yang telah berada di suhu ruangan lebih dari 2 jam.

4. Nasi

Akan tetapi, kebiasaan tersebut sebaiknya segera kamu ubah. Sebab, hal ini akan memicu fried rice syndrome, yaitu keracunan makanan akibat bakteri Bacillus cereus yang berakumulasi di dalam nasi sisa, terutama yang dibiarkan di suhu ruangan dalam waktu lama.

Kondisi tersebut bahkan pernah menjadi kejadian luar biasa di sekitar tahun 1970-an, lho. Hingga kini, sudah ada sekitar 63 ribu orang yang jatuh sakit karenanya. Gejala fried rice syndrome meliputi diare, mual, muntah, dan kram perut.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *