AsliDomino – Perasaan kesepian pada tahap kronis terbukti dapat menyebabkan berbagai penyakit mental dan fisik, misalnya depresi hingga penyakit jantung. Untuk lebih jelasnya, berikut ini dampak negatif perasaan kesepian yang berlangsung terus-menerus.

1. Meningkatkan hormon kortisol

Perasaan kesepian membuat seseorang lebih mungkin mengalami stres, yang mana tubuh akan menginterpretasikannya sebagai sebuah ancaman. Sebagai respons atas kondisi tersebut, tubuh akan memproduksi hormon kortisol.

2. Meningkatkan inflamasi

Menurut sebuah dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK disebutkan bahwa orang-orang yang merasa kesepian memiliki tingkat biomarker inflamasi yang lebih tinggi, peningkatan aktivitas gen inflamasi, dan penurunan aktivitas gen antivirus.

3. Memiliki hubungan yang erat dengan depresi

Ini berkaitan dengan hubungan stres, tetapi depresi juga punya hubungan nyata dengan kesepian. Depresi bisa meningkatkan risiko kesepian, begitu juga sebaliknya. Melansir Forbes, salah satu gejala depresi adalah isolasi sosial; dan bila seseorang merasa kesepian secara kronis, perasaan atau emosi bisa terdampak.

4. Mengurangi kesadaran dan risiko demensia

Beberapa studi telah menunjukkan bahwa perasaan kesepian punya beberapa konsekuensi serius, di antaranya berhubungan dengan cara berpikir, fungsi eksekutif, fungsi kognitif, bahkan meningkatkan risiko penyakit Alzheimer.

5. Memengaruhi pola makan

Orang-orang yang merasa kesepian umumnya memiliki pola makan yang buruk. Dalam sebuah studi yang dimuat dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA dituliskan bahwa karakteristik kesepian sering kali berhubungan dengan berbagai jenis gangguan makan, seperti anoreksia, bulimia, dan gangguan makan berlebihan (binge eating).

Itulah dampak negatif dari perasaan kesepian yang dibiarkan berkepanjangan. Kadang mengatasinya tak mudah. Tak cuma butuh usaha dari diri sendiri, tetapi juga lingkungan sekitar dan kebijakan tertentu. Namun, kita tetap bisa memulainya dengan hal-hal kecil seperti menghubungi orang-orang yang kamu percaya, berbincang dengan teman, mengobrol dengan tetangga, atau kumpul keluarga bisa menjadi cara simpel untuk menjadi lebih sosial dan mengusir rasa kesepian.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *