AsliDomino – Stres adalah bagian dari kehidupan. Meskipun stres terkadang sulit dihindari, tetapi kamu bisa mengendalikannya. Bila stres terjadi berkepanjangan atau kronis, maka itu bisa berdampak serius pada kesehatan fisik dan emosional.

Stres dapat meningkatkan risiko terjadinya depresi dan penyakit jantung. Karena itu, penting untuk mengetahui pereda stres yang efektif untuk menenangkan pikiran dan tubuh. Menariknya, stres bisa diredakan lewat pola makan. Ada makanan dan minuman tertentu yang punya kualitas untuk menurunkan stres.

Apa saja makanan dan minuman yang punya kemampuan meredakan stres? Simak sampai habis, ya!

  • Bubuk matcha

Bubuk matcha populer di kalangan penggiat pola makan sehat karena kandungannya yang kaya akan L-theanine, asam amino non-protein dengan sifat pereda stres yang kuat.

  • Cokelat hitam

Cokelat telah terbukti memiliki efek positif yang kuat pada suasana hati dan umumnya meningkatkan perasaan menyenangkan sekaligus mengurangi ketegangan.

  • Ubi jalar

Ubi jalar adalah salah satu pengganti bahan makanan pokok seperti nasi dan jagung. Ubi jalar mudah didapatkan dan diolah. Meskipun terkenal sebagai sumber karbohidrat, ada berbagai manfaat ubi jalar bagi kesehatan.

  • Alpukat

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, alpukat kaya akan glutathione, zat yang secara khusus menghalangi penyerapan lemak tertentu di usus yang menyebabkan kerusakan oksidatif dan berguna saat menangani radikal bebas yang dipicu oleh stres.

  • Telur

Telur sering disebut sebagai “multivitamin alami” karena profil nutrisinya yang mengesankan. telur utuh mengandung vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan yang dibutuhkan untuk respons stres yang sehat.

  • Kerang

Kerang mengandung asam amino tinggi seperti taurin, yang dapat meningkatkan mood. Taurin dan asam amino dibutuhkan untuk menghasilkan neurotransmiter seperti dopamin, yang mana ini penting untuk mengatur respons stres.

  • Biji bunga matahari

Biji bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E. Vitamin yang larut dalam lemak ini bertindak sebagai antioksidan kuat dan penting untuk kesehatan mental. Asupan rendah nutrisi ini dikaitkan dengan perubahan suasana hati dan depresi.

Biji bunga matahari juga tinggi akan nutrisi penurun stres lainnya, termasuk magnesium, mangan, selenium, seng, vitamin B, dan tembaga.

  • Brokoli

Brokoli adalah sayuran yang terkenal akan manfaat kesehatannya. Sayuran jenis cruciferous seperti brokoli merupakan sumber makanan terkonsentrasi dari beberapa nutrisi, termasuk magnesium, vitamin C, dan folat yang telah terbukti dapat melawan gejala depresi.

Brokoli juga kaya akan sulforaphane, senyawa sulfur yang memiliki sifat pelindung saraf dan mungkin menawarkan efek menenangkan dan antidepresan.

Itulah jenis makanan dan minuman yang berhasil di lansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA yang dapat meredakan stres secara alami. Namun, apabila stres yang dialami berkepanjangan dan memunculkan gejala fisik maupun psikis yang lebih luas, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter maupun ahli kejiwaan seperti psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *