AsliDominoSudah mencoba berbagai macam skincare tapi efeknya belum kelihatan atau malah bikin iritasi? Ini karena kandungan skincare butuh waktu hingga 12 minggu untuk bekerja, atau bisa juga kamu keliru dalam menggunakan beberapa kandungan yang sebenarnya tidak boleh dipakai bersamaan.

Sebagai contoh, AHA dan BHA bila digunakan bersama dengan vitamin C akan membuat kulit semakin teriritasi, atau kombinasi niacinamide dan vitamin C bila dipakai bersamaan akan membuat efek antioksidan keduanya akan berkurang.

Nah, untuk mencegah hal tersebut, yuk, ketahui kombinasi kandungan skincare yang memberi efek positif saat digunakan secara bersamaan!

1. Vitamin C dan Vitamin E

5 Kandungan Skincare yang Aman Digunakan secara Bersamaan

Dikenal mampu mencerahkan kulit, vitamin C juga sangat bagus untuk memperbaiki tekstur dan kekencangan kulit. Sama-sama mengandung antioksidan yang cukup kuat, vitamin C dan vitamin E juga mampu melindungi kulit dari radiasi sinar UV, lho.

Menurut sebuah laporan berjudul “The Roles of Vitamin C in Skin Health” dalam jurnal Nutrients tahun 2017, dijelaskan bahwa vitamin C sangat efektif dalam mengurangi kerusakan oksidatif pada kulit bila digunakan bersama dengan vitamin E.

Meningkatkan kadar vitamin C dan vitamin E pada kulit dapat meningkatkan ketahanan terhadap paparan sinar UV.

2. AHA dan BHA dan hyaluronic acid

5 Kandungan Skincare yang Aman Digunakan secara Bersamaan

Populer di kalangan pencinta skincare karena kemampuannya dalam membersihkan pori-pori di wajah, AHA dan BHA ternyata tidak boleh digunakan bersama dengan bahan skincare tertentu, seperti vitamin C, yang dapat bikin kulit jadi iritasi.

Akan tetapi, bila AHA dan BHA digunakan bersama hyaluronic acid bisa bikin kulitmu jadi lembap dan tampak glowing.

Sebuah studi dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menjelaskan, ketika dioleskan ke kulit, AHA dan BHA merangsang pengelupasan sel epidermis. Hal ini menyebabkan pengelupasan kulit kusam dan kasar serta mendorong pembaruan sel.

AHA dan BHA ditemukan dapat membuat kulit jadi lebih lembut, halus, memudarkan kerutan, mengurangi flek, dan menyamarkan noda. AHA dan BHA juga dapat memulihkan hidrasi dan kemurnian melalui penambahan hyaluronic acid.

3. Vitamin C dan glycolic acid

5 Kandungan Skincare yang Aman Digunakan secara Bersamaan

Sebuah studi dalam jurnal Diponegoro Medical Journal tahun 2021 menerangkan bahwa kombinasi dari glycolic acid dan vitamin C dalam menghilangkan flek hitam bekerja secara sinergis. Glycolic acid memiliki efek menghancurkan melanin lapisan basal dan meningkatkan sintesis kolagen kulit.

Di sisi lain, vitamin C, antioksidan paling banyak mencegah pembentukan melanin. Studi klinis juga menunjukkan bahwa vitamin C memiliki efek mencerahkan pada kulit dan efektif untuk menghambat pembentukan melanin.

Beberapa studi juga menjelaskan bahwa vitamin C dan glycolic acid mampu menyamarkan luka bekasjerawat, lho.

4. Retinol dan hyaluronic acid

5 Kandungan Skincare yang Aman Digunakan secara Bersamaan

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK seiring bertambahnya usia, kulit kita akan lebih rapuh dan tipis, yang menyebabkan keriput, flek hitam, dan jenis kerusakan kulit lainnya. Retinol membantu mengurangi masalah tersebut dengan berbagai cara.

Retinol juga awalnya meningkatkan sensitivitas kulit terhadap sinar ultraviolet. Gunakan retinol setiap hari, tapi pakai dengan pelembap, seperti yang berbahan dasar hyaluronic acid, agar kulit tetap lembap dan terhidrasi.

Tipsnya, jika pertama kali mencoba menggunakan retinol, cukup gunakan sekali dalam seminggu, lalu perlahan-lahan tingkatkan rutinitas pemakaian, dua kali seminggu dan seterusnya. Jangan lupa gunakan bersama hyaluronic acid agar kulit tetap lembap.

5. Retinol dan peptida

5 Kandungan Skincare yang Aman Digunakan secara Bersamaan

Melansir WebMD, peptida menunjukkan kemampuannya untuk merangsang produksi kolagen di kulit. Bahkan, formulasi peptida yang lebih baru bertindak seperti menstimulasi sel-sel kulit untuk membuat pergantian lebih cepat, seperti kulit muda.

Untuk mengatasi iritasi akibat penggunaan retinol, gunakan skincare yang mengandung peptida untuk memberikan kelembapan dan menghidrasi kulit. Mampu mengencangkan dan meregenerasi kulit, cara ini sebaiknya dilakukan pada malam hari sebelum tidur.

Setelah memakai skincare, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya. Memakainya adalah sebuah keharusan untuk tetap menjaga kesehatan dan kecantikan kulit setelah memakai beberapa kandungan produk perawatan kulit di atas.

Itulah kombinasi kandungan skincare yang aman digunakan secara bersamaan. Beberapa kandungan yang menyebabkan iritasi saat dipakai secara bersamaan tetap bisa kamu gunakan dengan cara memberi jeda waktu setidaknya 15 menit, beberapa jam, hingga beberapa hari. Jika muncul iritasi, sebaiknya periksakan diri ke dokter.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *