AsliDomino – Jerawat bukan hanya bikin tak nyaman atau nyeri, tetapi juga mengganggu penampilan. Kemunculan jerawat ini sebetulnya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Selain itu, ada pula kebiasaan yang membuat jerawat bermunculan, lho.

Mungkin sering kamu lakukan tanpa disadari, yuk, simak apa saja kebiasaan yang bikin jerawat bolak-balik muncul atau tumbuh subur di wajah.

1. Tidak membersihkan kulit yang berkeringat setelah berolahraga

Olahraga sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh. Ketika berolahraga otomatis tubuh akan mengeluarkan keringat, bukan? Nah, keringat menjadi salah satu tempat yang disukai bakteri untuk berkembang, lho. Maka dari itu, kebiasaan tidak membersihkan wajah setelah berolahraga menjadi pemicu jerawat.

2. Kemungkinan smartphone kamu kotor

Tanpa kamu sadari, debu, minyak, dan kotoran yang menempel di layar smartphone bisa berpindah ke wajah saat kamu sedang menelepon.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , dokter kulit Debra Jaliman,mengatakan:

“Begitu banyak bakteri yang terkumpul di ponselmu, bahkan belum tentu terlihat oleh mata manusia.”

Saat kamu menempelkan smartphone di kulit, kulit tak hanya bersentuhan langsung dengan bakteri, tetapi juga mulai berkeringat. Minyak akan terperangkap di pori-pori dan menyumbatnya. Bahkan, tekanan smarphone ke kulit lama-lama bisa menciptakan noda.

3. Terlalu sering mencuci muka

Cuci muka memang perlu dilakukan secara rutin untuk membersihkan kotoran. Namun, melakukannya terlalu sering dalam sehari juga tidak baik.

Mencuci muka terlalu sering akan menyebabkan kulit kering, merah, bersisik, dan iritasi. Selain itu, melakukan scrub terlalu keras tidak akan membersihkan kulitmu lebih cepat, tetapi malah mengiritasi kulit dan memperparah jerawat.

4. Jarang keramas

Jarang mencuci rambut juga menjadi kebiasaan yang dapat memicu jerawat. Ini karena rambut yang berminyak dan kotoran yang menempel di rambut bisa menyebabkan jerawat. Makanya, pastikan rambut tetap bersih, khususnya yang punya poni.

Menurut ahli kulit integratif yang berbasis di Seattle, AS, Elizabeth Hughes, kamu harus mencuci rambut setelah berminyak dan terasa tidak bersih saat disentuh.

5. Terlalu sering menyentuh wajah

Ini bisa dibilang adalah kebiasaan yang sering dilakukan tanpa disadari. Terkesan sepele, tetapi sering menyentuh wajah bisa menimbulkan jerawat. Apalagi bila menyentuh wajah dalam tangan yang kotor, itu bisa membuat bakteri dan kotoran dengan mudah berpindah ke wajah. Tak cuma jerawat, kamu pun bisa sakit!

6. Menggunakan produk kosmetik yang tidak tepat untuk kulit

Riasan wajah bisa mempercantik penampilan. Namun, menggunakan produk kosmetik yang tidak cocok untuk kulit bisa menimbulkan jerawat.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, pada dasarnya semua jenis kulit rentan berjerawat, terutama jika kamu menggunakan produk yang tanpa disadari dapat menyumbat pori-pori dan membantu bakteri penyebab jerawat tumbuh dan berkembang.

Maka dari itu, pastikan untuk menghindari bahan komedogenik yang diketahui dapat menyebabkan masalah kulit. Ini termasuk wewangian dan pewarna yang mengandung bahan kimia yang bisa menyebabkan iritasi, terutama pada kulit sensitif dan rentan berjerawat.

7. Stres

Melansir WebMD, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Universitas Stanford, AS, yang dipublikasikan menemukan bahwa mahasiswa mengalami kekambuhan jerawat selama masa ujian, yang mana itu adalah masa-masa penuh stres, dibandingkan dengan masa-masa tanpa ujian. Disebutkan juga bahwa keparahan jerawat juga meningkat dengan tingkat stres yang lebih tinggi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *