AsliDomino -Stres adalah kondisi seseorang yang tertekan secara emosional maupun fisik. Stres bisa diredakan dengan banyak cara, salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang punya khasiat meredakan stres.

Stres akan membuat tubuh membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak. Stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh, sehingga akan membuat seseorang rentan terhadap infeksi dan penyakit. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks, C, dan magnesium bisa mengurangi stres.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan pereda stres yang bisa kamu konsumsi saat sedang merasa tertekan.

1. Teh hijau

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres, Salah Satunya Yoghurt

Studi dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK meneliti 20 mahasiswa untuk mengukur aktivitas α-amilase saliva dan konsumsi L-theanine. Penelitian tersebut menunjukan hasil bahwa secara signifikan konsumsinya dapat menurunkan stres subjektif dengan cara pelepasan glutamat. Kemungkinan hal tersebut terjadi melalui penekanan sistem saraf otonom dan hipotalamus.

2. Biji bunga matahari

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres, Salah Satunya YoghurtBiji bunga matahari juga merupakan salah satu makanan yang bisa kamu konsumsi saat stres. Biji bunga matahari mengandung antioksidan, mineral, dan vitamin. Salah satu kandungan yang mampu mengatasi kelelahan, mudah tersinggung, dan gejala depresi adalah asam folat.

Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung magnesium yang punya fungsi mengimbangi kalsium dan membantu mengatur otot dan saraf. Ini berfungsi untuk menghambat masuknya kalsium ke dalam sel saraf dan mengaktifkannya. Apabila kalsium tidak masuk ke sel saraf, maka sel saraf akan tetap dalam kondisi relaks dan mencegah tubuh mengalami stres.

3. Dark chocolate

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres, Salah Satunya Yoghurt

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, sudah ada beberapa penelitian tentang konsumsi dark chocolate dan efeknya dalam mengurangi stres.

Penelitian tahun 2014 menemukan bahwa 40 gram dark chocolate dapat membantu menurunkan stres yang dialami oleh mahasiswi. Meski butuh penelitian lebih lanjut tentang cara kerja dark chocolate dalam mengurangi stres, tetapi cokelat memang mengandung polifenol, salah satunya flavonoid.

Kandungan flavonoid dalam cokelat dapat mengurangi peradangan saraf dan kematian sel di otak, serta meningkatkan aliran darah.

Selain itu, cokelat mempunyai kandungan triptofan dan magnesium yang tinggi. Triptofan digunakan untuk mengubah neutrotransmiter yang dapat meningkatkan mood. Sementara itu, magnesium bisa diandalkan untuk bantu mengurangi gejala depresi.

4. Ikan berlemak tinggi

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres, Salah Satunya Yoghurt

Ikan merupakan salah satu lauk hewani yang mempunyai kandungan omega3 yang baik untuk fungsi otak. Makanan yang kaya omega-3 mengandung asam lemak alfa-linolenat (ALA).

Omega-3 tidak hanya membantu kesehatan otak dan suasana hati, tetapi juga dapat membantu tubuh menangani stres. Asupan omega-3 yang rendah dikaitkan dengan peningkatan kecemasan dan depresi.

Ikan berlemak seperti makerel, haring, salmon, dan sarden mempunyai kandungan kaya akan omega-3 dan vitamin D. Keduanya telah terbukti dapat membantu mengurangi tingkat stres dan memperbaiki suasana hati.

5. Yoghurt

5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meredakan Stres, Salah Satunya Yoghurt

Minuman fermentasi yang mengandung Lactobacillus casei mampu meningkatkan kadar serotonin stres. Selain itu, minuman probiotik juga bisa menurunkan gejala fisik yang berhubungan dengan stres, seperti sakit perut dan gejala pilek.

Dampak stres terbukti negatif terhadap tubuh, salah satunya bisa menyebabkan penurunan metabolisme, sehingga tubuh mudah terserang infeksi atau penyakit. Oleh karena itu, kamu bisa menambahkan lima makanan di atas ke dalam pola makanmu untuk meredakannya. Selain itu, lakukan hal-hal yang bisa memberikan efek relaksasi, seperti olahraga, meditasi, dan melakukan hobi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *