AsliDomino – Tanaman herbal merupakan tumbuhan yang memiliki kegunaan dalam pengobatan ataupun pencegahan berbagai macam penyakit dalam tubuh. Tanaman herbal mudah kita jumpai di sekitar kita sehingga tidak sulit untuk kita menemukan tanaman herbal jika kita membutuhkannya.

Banyak macam tanaman herbal yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Artikel ini akan membahas lima tanaman herbal yang mudah kita temukan di sekitar. Apa saja manfaat kesehatan jahe, temulawak, kunyit, serai, dan lengkuas bagi tubuh? Simak penjelasan berikut ini.

1. Jahe

5 Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Tumbuhan yang satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur saja. Sudah sejak lama jahe dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, salah satunya untuk menghangatkan tubuh.

Manfaat jahe lainnya antara lain meringankan rasa sakit, mengatasi masalah pencernaan, mengobati penyakit menular, memperkuat sistem imun tubuh, membantu mengatasi pilek dan flu, meredakan nyeri haid, serta enurunkan tingkat kolestrol.

Meskipun tidak berbahaya, mengonsumsi jahe dapat menimbulkan efek samping. Konsumsi jahe maksimal 5 gram per hari. Apabila kita mengonsumsinya berlebihan, itu akan menimbulkan efek samping seperti mulas, diare, rasa tidak nyaman pada perut, dan iritasi mulut.

2. Temulawak

5 Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Temulawak adalah tanaman yang bentuknya hampir sama dengan kunyit. Tanaman yang memiliki nama latin Curcuma xanthorrhiza ini memiliki kandungan anti bakteri yang dapat membasmi bakteri jenis staphylococcus dan salmonella. Senyawa anti jamurnya cukup efektif menghilangkan jamur dari golongan dermatofita.

Tidak hanya itu, temulawak ini juga berfungsi sebagai antioksidan karena temulawak mengandung senyawa kurkuminoid yang berfungsi sebagai zat aktif anti peradangan dan merupakan obat antioksidan buat penangkal berbagai macam penyakit

3. Kunyit

5 Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuhilustrasi kunyit (pixabay.com/nirmalsarkal)

Rempah-rempah yang satu ini tidak hanya dimanfaatkan sebagai penyedap masakan ataupun pewarna alami. Kunyit juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, membantu mengurangi tersumbatnya jalan napas, melawan banyak gejala alergi seperti bersin, hidung tersumbat, pilek hingga demam.

Selain untuk kesehatan, kunyit juga bermanfaat untuk kecantikan. Banyak produk kecantikan yang memanfaatkan rempah-rempah ini. Beberapa manfaat kunyit untuk kecantikan antara lain mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, dan mengurangi kerutan. Namun, mengonsumsi kunyit secara berlebihan dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan pada pencernaan, sakit kepala, mual dan ruam pada kulit.

4. Serai

5 Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Dalam bumbu dapur, serai atau sereh ini dimanfaatkan untuk mengharumkan makanan. Bentuk serai sekilas mirip dengan daun bawang. Dalam kesehatan, serai ini bermanfaat untuk memperkuat kekebalan tubuh.

Kandungan vitamin C yang tinggi di dalam serai juga dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, serai juga berfungsi sebagai agen menangkal radikal bebas dan mampu menjaga kadar kolestrol tetap stabil.

5. Lengkuas (laos)

5 Tanaman Herbal Ini Bermanfaat Bagi Kesehatan Tubuh

Lengkuas atau laos, rempah-rempah satu ini memiliki bentuk yang kulitnya kasar dan beruas, serta daging yang keras dan berserat. Dalam masakan lengkuas dimanfaatkan sebagai penyedap karena memiliki aroma yang khas. Dalam kesehatan lengkuas bermanfaat untuk mengobati diabetes, mendukung kesehatan otak, mencegah tumor dan kanker, meringankan batuk dan sakit tenggorokan, serta menyehatkan kulit.

Meskipun tanaman herbal beragam yang dapat bermanfaat bagi tubuh, jangan jadikan tanaman herbal sebagai satu-satunya pengganti pengobatan medis. Sebab, penggunaan tanaman herbal yang tidak tepat dapat menimbulkan efek samping yang dapat membahayakan kesehatan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *