AsliDomino – Walaupun karbohidrat kerap dimusuhi karena dapat menyebabkan kegemukan, faktanya karbohidrat seperti nasi, pasta, sereal, roti, dan sebagainya, dibutuhkan tubuh sebagai sumber energi. Kurang asupan karbohidrat akan membuat tubuh jadi lemas.

Berlebihan makan karbohidrat dapat meningkatkan risiko berbagai penyakit, salah satunya diabetes. Untuk itu, kamu perlu mengenal tanda-tanda kelebihan karbohidrat sehingga konsumsinya bisa segera direm.

1. Berat badan susah turun

Salah satu tanda jika tubuh kamu sudah kelebihan karbohidrat adalah badan gemuk. Meskipun sudah melakukan diet, tetap saja berat badan nggak turun-turun.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , hal itu dapat disebabkan banyaknya konsumsi jenis karbohidrat sederhana, yang diketahui memiliki karakter padat kalori, membuat jumlah kalori dalam tubuhmu berlebih.

2. Kecanduan makan

Sebuah studi yang dimuat dalam jurnal Frontiers in Psychiatry menyamakan kecanduan gula dengan kecanduan obat-obatan atau narkoba. Hal ini mengakibatkan penderitanya untuk selalu ingin makan.

Saat seseorang mengonsumsi gula, otak akan mengeluarkan dopamin, jenis hormon yang berkaitan dengan perasaan bahagia dan bisa membuatmu ketagihan. Semakin banyak gula yang kamu konsumsi, semakin banyak dopamin yang diinginkan tubuh.

3. Jerawatan

Hampir semua orang pernah merasakan jerawatan. Seiring pertambahan usia, jerawat itu pun akan hilang. Namun, jerawat ini bisa timbul kembali saat kamu dewasa jika pola makanmu salah selama ini.

Sebuah studi yang diterbitkan tahun 2014 mengamati hubungan antara jerawat dengan pola makan. Kesimpulannya, kurang makan ikan, banyak makan makanan indeks glikemik tinggi, banyak konsumsi pemanis tambahan, produk susu, lemak jenuh, dan lemak trans, bisa menyebabkan seseorang mengalami jerawat sedang hingga parah.

4. Kolesterol tinggi

Salah satu jenis karbohidrat yang sering kita konsumsi sehari-hari adalah gula. Padahal, gula ini termasuk dalam makanan dengan IG tinggi, yang dapat menyebabkan lonjakan drastis kadar gula darah, mengakibatkan kadar insulin meningkat. Dampaknya, bisa meningkatkan risiko diabetes.

Selain menyebabkan kenaikan insulin, yang berkaitan dengan penyakit kardiovaskular dan berbagai penyakit berbahaya lainnya.

5. Badan letih dan lesu

Sudah istirahat yang cukup, tapi kenapa baru jam 3 sore, sudah merasa ngantuk atau lelah. Hal ini bisa jadi disebabkan karena kelebihan makan karbohidrat saat sarapan dan makan siang.

Mengutip dari AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, menurut Cassandra Suarez, MS, RDN, mengonsumsi karbohidrat, terutama jenis karbohidrat rafinasi dan jenis pati, dapat menyebabkan seseorang mengalami ledakan energi dalam jangka pendek.

Ketika tubuh sudah mengeluarkan insulin untuk mengendalikan kadar gula darah, karbohidrat yang tadi dimakan dan sekarang sudah berubah jadi gula, akan masuk ke dalam otot, hati, dan organ-organ lain, menyebabkan letih dan lesu.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *