AsliDomino – Pada hari-hari biasa dan sehat, kebanyakan orang cenderung menginginkan makanan yang tinggi serat karena membutuhkan waktu lebih lama bagi tubuh untuk mencerna makanan tersebut sehingga membuat kamu kenyang lebih lama. Namun, ada kalanya perut menginginkan makanan yang dapat dicerna dengan mudah dan cepat.

Di bawah ini akan dibahas makanan yang mudah dicerna yang dapat membantu beberapa masalah pencernaan dilansir dari laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA.

1. Telur

Telur merupakan bahan makanan yang sangat mudah didapat, diolah, dimakan, dan dicerna. Sebut saja, telur rebus, dadar, atau orak-arik merupakan beberapa olahan telur favorit banyak orang. Berbagai olahan telur ini juga sering kali cocok untuk orang yang baru sembuh dari virus perut atau mual.

Putih telur mengandung lebih sedikit lemak dan lebih mudah dicerna, tetapi banyak orang dengan masalah pencernaan tetap mampu mentolerir kuning telur. Telur juga merupakan bahan makanan yang penuh gizi.
2. Gelatin

Gelatin biasa disajikan sebagai makanan penutup untuk pasien yang baru selesai menjalankan operasi. Gelatin tidak mengandung serat atau minyak dan mudah dicerna, serta membantu mengelola dehidrasi. Gelatin manis juga bisa memberi energi.

Nilai gizi hidangan gelatin sebenarnya bervariasi dan bergantung pada bahan lainnya. Tetapi, gelatin umumnya mengandung nilai gizi yang sederhana, yaitu air, kalori, protein, dan karbohidrat.

3. Oat yang dimasak

Oat yang dimasak dengan air mudah dicerna oleh perut. Sebab, proses memasak ini membantu memecah komponen oat, artinya kamu pada dasarnya memulai proses pencernaan bahkan sebelum oat masuk ke mulut.

Tapi, pastikan kamu memasak menggunakan air, bukan susu atau susu kacang. Sebab, susu dan susu kacang dapat memicu masalah pada sistem pencernaan.

4. Sayuran masak atau kalengan

Sayuran utuh memiliki banyak serat. Tapi setelah dimasak, serat ini sangat berkurang menjadi lebih sedikit. Sebagai contoh, 128 gram wortel mentah mengandung 4 gram serat. Sedangkan pada porsi yang sama, wortel kalengan atau dimasak mengandung kurang dari 2 gram serat.

5. Pisang matang

Semakin matang pisang, makin mudah dicerna. Pisang yang kurang matang dan memiliki kulit lebih hijau memiliki pati yang lebih resisten, yang mirip dengan prebiotik karena sulit dicerna dan memberi makan bakteri di usus.

Tapi, saat pisang matang dan terdapat bintik-bintik di kulitnya, artinya pati telah berubah menjadi gula, yang berarti usus tidak akan kesulitan mencerna pisang matang. Terlebih lagi, pisang dapat memicu sembelit, sehingga sangat bermanfaat untuk mengatasi diare.

Itulah sejumlah makanan yang cepat dicerna oleh tubuh. Perlu diingat, saat makan makanan yang rendah serat, kamu mungkin memperhatikan bahwa tinja menjadi lebih kecil dan frekuensi buang air besar berkurang. Jadi, pastikan kamu minum banyak cairan untuk menghindari sembelit.AGEN POKER ONLINE TERBAIK

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *