AsliDomino – Memasuki musim hujan, daya tahan tubuh terus dijaga agar tetap prima. Karena, biasanya di musim hujan banyak penyakit yang menyertai, seperti flu, batuk, pilek, demam berdarah, diare, tifus, infeksi saluran pernapasan atas (ISPA), hepatitis A, dan masih banyak lagi.

Ditambah lagi kita masih dilanda pandemik COVID-19, menjaga daya tahan tubuh tetap sehat agar tak mudah terserang penyakit adalah harga mati!

Ada banyak cara untuk menjaga dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, salah satunya adalah dengan menjauhi beberapa kebiasaan makan di bawah ini.

  • Terlalu banyak konsumsi garam

Konsumsi garam yang tinggi biasanya dikaitkan dengan peningkatan risiko tekanan darah tinggi alias hipertensi. Nyatanya, studi yang dilakukan oleh University Hospital Bonn, Jerman, dan diterbitkan dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK  pada Maret 2020 lalu menyebut bahwa tingginya kadar garam dalam tubuh juga bisa berdampak pada melemahnya sistem imun. Hal ini merupakan efek samping dari kerja ginjal yang harus mengeluarkan garam berlebih dari dalam tubuh.

  • Konsumsi gula berlebihan

Peringatan, nih, buat penyuka makanan dan minuman manis, apalagi yang banyak mengonsumsinya sebagai pelampiasan stres yang sedang dialami.

Mulai saat ini, yuk, hindari konsumsi gula yang terlampau tinggi. Tak hanya buruk untuk kondisi kesehatan mental, tetapi juga dapat menurunkan ketahanan daya tahan tubuh.

  • Terlalu banyak asupan kafein

Minuman yang mengandung kafein memang memiliki efek menyehatkan, seperti teh dan kopi, karena mengandung antioksidan di dalamnya. Namun, walaupun bisa bermanfaat bagi kesehatan, tetapi konsumsi berlebihan malah bisa menjadi bumerang.

  • Kurang serat

Jika kamu sering mengalami sulit buang air besar atau konstipasi, sangat mungkin menu harianmu kurang serat. Padahal, mencukupi kebutuhan serat harian sangat penting, lho, untuk menunjang kesehatan.

Beberapa kebiasaan makan yang bisa diubah supaya kebutuhan serat harian terpenuhi antara lain:

  • Mengganti nasi putih menjadi nasi merah.
  • Mengganti camilan tidak sehat (misalnya kue, keripik, gorengan, makanan kemasan, dan sebagainya) dengan buah-buahan segar.
  • Lebih banyak mengonsumsi makanan utuh seperti kacang-kacangan, biji-bijian, serta buah dan sayur.
  • Kurang asupan sayuran hijau

Kalau soal rasa, sayuran memang tidak selezat daging atau sesegar buah-buahan. Namun, manfaatnya sungguh tak terkira.

Perhatikan lagi pola makanmu. Pastikan untuk menerapkan pola makan bergizi seimbang, dan hindari kebiasaan makanan yang tinggi garam dan gula, batasi konsumsi kafein, serta perbanyak konsumsi serat lewat sayuran dan buah-buahan. Barengi juga dengan olahraga rutin dan cukup tidur, ya! AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *