AsliDomino – Ikan dari perairan tawar ini memang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Ikan mujair yang bernama ilmiah Oreochromis mossambicus ini memiliki beragam khasiat untuk kesehatan tubuh.

Dalam ikan mujair terdapat kandungan vitamin A, vitamin B1, vitamin B12, fosfor, kalsium, protein dan nutrisi baik lainnya. Untuk itu, sayang jika ikan mujair tidak dimanfaatkan sebagai menu terbaik melengkapi nutrisi bagi tubuh. Berikut ini ada 5 manfaat ikan mujair yang bisa kita peroleh.

1. Dapat mencerdaskan otak

Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Salah satu keunggulan memakan ikan mujair yakni dapat mencerdaskan otak. Sebab ikan ini mengandung omega 3 yang bermanfaat untuk fungsi otak. Makanya ikan ini cocok menjadi santapan bagi anak-anak, lantaran dapat menjadi nutrisi yang baik untuk tumbuh kembang anak.

2. Baik untuk kesehatan tulang

Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Adanya kandungan kalsium pada ikan mujair membuat ikan ini baik untuk kesehatan tulang dan gigi, yakni sebesar 11,3% kalsium terdapat pada ikan mujair. Untuk itu ikan mujair sangat bagus sebagai asupan bagi tubuh, sehingga dapat terhindar dari risiko penyakit tulang keropos atau osteoporosis, serta penyakit gigi.

Tak hanya itu, kandungan fosfor dalam ikan mujair juga baik untuk meningkatkan pertumbuhan tulang serta gigi.

3. Menjaga kadar kolesterol dalam tubuh

Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Kandungan lemak yang rendah dalam ikan mujair dapat menjaga kolesterol dalam tubuh. Karenanya ikan ini cocok menjadi santapan sehat agar kadar kolosterol tidak berlebihan. Tidak hanya itu, kandungan kalori yang rendah pada ikan mujair juga bagus sebagai menu untuk program diet. Alhasil, berat badan pun bisa terkontrol dengan baik.

4. Menyehatkan mata

Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Mata menjadi organ penglihatan yang sangat vital bagi setiap orang. Untuk itu menjaga kesehatan mata sangat penting, salah satunya dengan mengonsumsi ikan mujair. Ini karena ikan dari air tawar ini mengandung vitamin A. Jadi, tidak hanya wortel saja yang berkhasiat menyehatkan mata, ikan mujair juga memiliki manfaat yang sama.

5. Membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh

Bisa Mencerdaskan Otak, Ini 5 Manfaat Menyantap Ikan Mujair

Adanya kandungan selenium pada ikan mujair bermanfaat untuk tubuh, dalam hal ini bisa meningkatkan aktivitas sel pada darah putih sehingga dapat membantu tubuh kebal terhadap racun dan zat berbahaya.

Tak hanya itu, kandungan selenium juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi tiroid, yakni kelenjar yang berfungsi mengeluarkan hormon untuk mengatur metabolisme tubuh. Alhasil, dengan berfungsinya tiroid, dapat mengatur keseimbangan fungsi organ tubuh.

Demikianlah 5 manfaat ikan mujair yang bisa diperoleh. Perlu diingat, agar ikan mujair yang kamu konsumsi baik dan bernutrisi, sebaiknya pilih ikan mujair yang masih segar saat membelinya di pasar. Apalagi saat ini tidak sedikit ikan mujair yang sudah mengandung banyak bahan kimiawi dari hasil budidaya ikan yang tidak tepat. Untuk itu, kita harus bijak dalam membeli makanan, apalagi untuk kesehatan tubuh.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *