AsliDomino – Entah karena menonton drama yang menyedihkan, baru putus hubungan, atau menerima kabar duka, menangis adalah bagian dari kehidupan. Respons emosional ini wajar dialami siapa pun.

Akan tetapi menangis terlalu lama membuat mata jadi merah dan bengkak. Saat menangis karena emosi, air mata akan keluar lebih banyak di luar batas sistem lakrimal. Inilah yang membuat air mata keluar, bahkan hidung ketika sangat sedih.

Nah, jaringan di sekitar mata akan menyerap kembali air mata, alhasil area itu jadi terlihat bengkak. Inilah kenapa wajah tampak sembap setelah menangis, membuatnya kurang enak dilihat, apalagi bila setelah menangis kamu ada acara penting seperti meeting atau bertemu orang lain.

Jangan khawatir, kamu bisa mengatasi mata bengkak setelah menangis dengan cara-cara alami berikut ini!

1. Mengoleskan krim wajah dan mata

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Banyak krim wajah serta mata yang bisa mengatasi bengkak, menyempitkan pembuluh darah, dan mendinginkan area mata. Pilihlah krim yang mengandung bahan-bahan seperti vitamin C, retinol, asam hialuronat, dan phenylephrine.

Satu penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menyarankan untuk memakai krim mata yang kandungan dominannya adalah karbohidrat kompleks serta ekstrak alami. Ini karena krim tersebut dinilai efektif meredakan bengkak mata di area sekitar mata.

2. Gunakan eye roller

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Eye roller dapat mengurangi bengkak dan menunda timbulnya kerutan di mata. Roller banyak dijual di pasaran. Untuk mata, kamu bisa menggunakan roller yang terbuat dari logam, di mana bagian bola roll-nya dioleskan gel pendingin mata. Lakukan pijatan kecil dengan eye roller di area bawah mata untuk melancarkan peredaran darah dan meredakan pembengkakan.

Bila kamu tidak punya eye roller, kamu bisa memanfaatkan jari-jarimu dengan melakukan pemijatan lembut seperti yang akan diterangkan di bawah ini.

3. Lakukan pemijatan untuk merangsang aliran darah

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis
  • Tekan titik-titik di alis selama beberapa detik sebelum menarik jari-jari dari ujung dalam mata ke arah luar. Pijatan ini untuk mengeringkan area mata yang meradang.
  • Selanjutnya, tekan sinus dengan menggunakan dua jari pada kedua tangan, pijat dari sisi-sisi hidung dan arahkan ke luar. Jika kamu menekannya dengan tepat, bisa jadi kamu akan merasakan cairan bergerak di wilayah sinus.
  • Jika masih merasa ada cairan di sekitar wajah, tak ada salahnya kamu memijat kelenjar getah bening di leher dengan lembut dari atas leher ke bawah.
  • Lakukan pijatan selama 3 menit. Kalau masih dirasa kurang, kamu bisa mengulangi pijatan sesuai kebutuhan.

4. Kompres dingin

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Sebenarnya, selama menggunakan media yang dingin, bengkak dan radang dapat diredakan. Ini karena aliran darah jadi lebih relaks. Oleh karena itu, kamu bisa menggunakan kompres dingin. Misalnya dengan es batu yang dilapisi kain lalu tempelkan ke mata yang bengkak. Kamu juga bisa pakai sendok dingin dan tempelkan di mata.

Cara lainnya adalah dengan merendam waslap bersih dalam air dingin yang diberi es batu, lalu peras. Kemudian tempelkan di area mata yang bengkak selama 5-10 menit. Ulangi beberapa kali bila diperlukan.

5. Irisan mentimun

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Alternatif lain untuk mengurangi bengkak pada mata adalah dengan menggunakan irisan mentimun. Kandungan air yang tinggi pada mentimun bisa menghidrasi dan mengurangi pembengkakan di sekitar mata.

Di samping itu, mentimun juga kaya akan antioksidan, memiliki khasiat antiinflamasi, serta mengandung vitamin K yang bisa membantu mengurangi lingkaran mata.

6. Teh celup

6 Cara Alami Mengatasi Mata Bengkak Setelah Menangis

Kafein pada teh ternyata bisa digunakan untuk mengurangi bengkak pada mata. Dilansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, beberapa penelitian berskala kecil menunjukkan bahwa kandungan kafein dan polifenol pada teh celup dapat mengempiskan bengkak di mata. Kafein sendiri bisa menyempitkan pembuluh darah, sehingga peradangan berkurang.

Itulah kenapa banyak orang yang mengandalkan kantong teh celup sebagai kompres mata. Untuk membuatnya pun cukup mudah. Cukup basahi dua kantong teh celup, lalu masukkan ke dalam lemari es. Setelah kira-kira 20 menit, keluarkan dari lemari dan kantong teh tersebut siap ditempelkan di mata. Praktis, kan?

Itulah beberapa cara alami yang bisa kamu praktikkan untuk mengatasi atau mengurangi mata bengkak setelah menangis. Mana yang merupakan cara andalanmu?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *