AsliDomino – Selain nyeri atau kram perut, perut kembung juga menjadi gejala menyebalkan bagi perempuan yang sedang haid atau menstruasi. Ketidaknyamanan perut dan perut kembung merupakan gejala umum haid yang banyak dikeluhkan kaum hawa.

Hal tersebut dibenarkan melalui sebuah penelitian dengan partisipan 156 perempuan muda. Dari jumlah tersebut, sebanyak 73 persen mengalami sedikitnya satu masalah perut primer (perut kembung, nyeri, diare, dan lainya) baik itu sebelum maupun selama menstruasi.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

Meskipun dianggap biasa, tetap saja perut kembung saat menstruasi bisa mengganggu aktivitas harian. Selain menggunakan obat gosok, kamu juga bisa mengatasi keluhan tersebut dengan cara-cara alami berikut ini.

1. Minum air lebih banyak

Saat kamu kurang cairan atau dehidrasi, tubuh akan menahan air yang ada di dalamnya yang membuatnya makin bengkak. Dehidrasi pun dapat menyebabkan sembelit dan perut kembung makin parah.

Disarankan minum sekitar 9 gelas air per hari dengan diimbangi makanan yang kandungan airnya tinggi, seperti sup, sayuran, dan buah-buahan segar.

2. Jauhi makanan yang menimbulkan gas

Lebih baik hindari makanan yang menghasilkan gas lebih banyak, contohnya brokoli, kubis, sawi, dan selada. Ini karena sayur-sayuran tersebut, melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , mengandung gula kompleks yang bernama raffinose.

Gula kompleks itulah yang kemudian harus diuraikan dalam tubuh dengan enzim yang membuat perut jadi kembung dan dipenuhi gas.

3. Lakukan gerakan ringan

kamu disarankan untuk melakukan olahraga dengan intensitas yang ringan hingga sedang kala haid, di antaranya yoga, berenang, atau senam aerobik. Jangan memaksakan olahraga dengan intensitas tinggi yang dapat meningkatkan inflamasi, akhirnya kembung malah makin parah.

4. Perbanyak konsumsi makanan dengan magnesium

Sebelum menstruasi, alkohol bisa meningkatkan gejala PMS seperti nyeri di payudara, kembung, mood swing.

Sementara itu, kopi bisa merangsang saluran pencernaan bekerja berlebihan hingga mengiritasi usus, menyebabkan dehidrasi, dan membuat tubuhmu menahan air. Tentu saja tiga hal itu akan membuat perutmu terasa kembung.

Itulah cara alami yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keluhan perut kembung saat haid. Selain itu, kamu juga perlu menghindari stres dan tetap tidur dengan teratur, ya. Semoga kembung dan nyeri menstruasi dapat segera hilang!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *