AsliDomino – Pada dasarnya, setiap orang memiliki nafsu makan yang berbeda-beda. Ada yang bisa dengan mudah mengendalikannya, tetapi tak sedikit yang kesulitan untuk menahannya. Adakah cara alami untuk menekan nafsu makan?

Ada beberapa cara untuk menekan nafsu makan, seperti mengonsumsi pil, suplemen, atau metode lain yang dapat menghentikan rasa lapar. Namun, penggunaan pil apalagi dalam jangka lama dan tidak di bawah pengawasan dokter bisa menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Tahukah kamu ada beberapa cara alami untuk menekan nafsu makan dengan cara yang bebas risiko dan sehat? Yuk, simak bersama sampai habis, ya!

1. Minum air putih sebelum makan

Minum segelas air putih sebelum makan bisa membuat kita merasa lebih kenyang, lebih puas, sehingga mencegah makan berlebihan.

2. Makan lebih banyak makanan tinggi serat

Serat adalah zat gizi yang tidak dapat dicerna dan diurai seperti zat gizi lainnya, sehingga bisa tetap berada di dalam tubuh lebih lama. Ini dapat membantu memperlambat pencernaan, sehingga membuat kamu merasa kenyang lebih lama.

Merujuk AGEN POKER ONLINE TERBAIK, berikut adalah makanan tinggi serat yang sehat:

  • Biji-bijian utuh
  • Kacang-kacangan
  • Apel
  • Alpukat
  • Almon
  • Biji chia
  • Sayuran
3. Beralih ke cokelat hitam

Cokelat hitam atau dark chocolate sangatlah baik untuk memelihara kesehatan. Makanan ini diketahui dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi, serta memelihara kesehatan otak dan jantung.

4. Makan lebih banyak protein dan lemak sehat

Tidak semua makanan bisa memuaskan rasa lapar. Umumnya makanan yang mengandung karbohidrat, protein, dan lemak tertentu lebih efektif untuk memuaskan lapar dan mempertahankan rasa kenyang lebih lama.

Kamu bisa mengganti beberapa sumber karbohidrat dengan protein dan lemak sehat untuk menjaga nafsu makan tetap terkendali.

AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA merekomendasikan makanan yang berprotein tinggi, meliputi daging tanpa lemak, kacang-kacangan dan polong-polongan, serta telur.

5. Berolahraga sebelum makan

Selain menjaga kesehatan dan kebugaran, olahraga juga merupakan penekan nafsu makan yang sehat dan efektif, lho.

6. Makan makanan rendah kalori

Mengurangi asupan makanan saat diet dapat membuat seseorang memiliki nafsu makan yang besar. Untuk mencegahnya, kamu bisa memilih makanan yang tinggi nutrisi dan energi, tetapi rendah kalori seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.

7. Makan dengan bijaksana

Otak adalah pemain utama dalam memutuskan apa dan kapan kita makan. Bila kamu lebih memperhatikan apa yang kamu makan, mungkin kamu bisa mengonsumsi makanan lebih sedikit.

8. Mengonsumsi jahe

Jahe masuk dalam anggota Zingiberanceae. Dengan kata lain, jahe masih bersaudara dengan tanaman herbal lain seperti kencur, kunyit, dan lengkuas. Jahe diketahui mempunyai efek antiinflamasi, antihipertensi, glukosa-penginderaan, dan stimulasi pada saluran pencernaan.

Itulah tadi cara alami untuk menekan nafsu makan. Bila dilakukan dengan rutin dan konsisten, pola makan akan jadi lebih sehat dan nafsu makan bisa lebih mudah terkontrol. Namun, jika nafsu makan masih saja sulit ditahan meski sudah melakukan cara-cara di atas, baiknya konsultasi ke dokter.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *