AsliDomino  – Pada musim hujan seperti sekarang, banyak orang yang terkena batuk pilek maupun flu, yang mana keduanya memiliki gejala umum sakit tenggorokan. Bagi yang pernah mengalaminya, tentunya tahu bahwa sakit tenggorokan bikin susah menelan makanan, tak nyaman, dan tidur pun jadi tak nyenyak.

Untungnya, ada beberapa cara alami untuk mengobati sakit tenggorokan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapat. Apa saja pengobatan tersebut?

1. Madu

Penggunaan madu sebagai obat herbal memang sudah tidak asing lagi. Untuk menghilangkan nyeri tenggorokan, kamu bisa mencampurkan madu ke dalam secangkir teh hangat atau air putih hangat. Dengan rutin meminumnya setiap hari, sakit pada tenggorokan bisa berangsur sembuh.

Madu ini tak hanya bagus bagi tenggorokan, tetapi juga ampuh untuk mengatasi gejala flu lainnya, seperti batuk.

2. Berkumur dengan air garam

Pemimpin redaksi AGEN POKER ONLINE TERBAIK , menambahkan garam ke dalam segelas air hangat yang kemudian digunakan untuk berkumur dapat menciptakan efek osmosis. Cara kerjanya adalah konsentrasi larutan garam tersebut akan menarik cairan dari jaringan mulut dan tenggorokan untuk meredakan rasa sakit akibat infeksi.

Cara alami tersebut juga mampu menghancurkan lendir yang kental, sehingga menghilangkan bahan iritan (zat penyebab peradangan ataupun iritasi), seperti alergen, bakteri, dan jamur dari tenggorokan.

3. Teh kamomil

Tanaman kamomil (chamomile) merupakan salah satu herbal yang telah digunakan sebagai media pengobatan sejak zaman kuno.bunga kamomil kaya akan senyawa terpenoid dan flavonoid yang berguna untuk pengobatan, salah satunya untuk mengatasi sakit tenggorokan.

4. Sari cuka apel

Berdasarkan laporan dalam jurnal sari cuka apel memiliki sifat antimikroba, karakteristik yang penting untuk melawan infeksi. Sifatnya yang asam dapat memecah lendir pada tenggorokan dan mencegah bakteri menyebar lebih luas.

5. Air lemon

Jenis pengobatan alami lain yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan minum air lemon. Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, air lemon mengandung vitamin C dan senyawa antioksidan kuat lainnya yang dapat mengurangi peradangan serta stres oksidatif, sehingga bisa meredakan sakit tenggorokan dan mempercepat proses penyembuhan.

Untuk memaksimalkan manfaatnya, kamu dapat mencampur lemon dengan air hangat dan sedikit madu atau air garam.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *