AsliDomino – Seiring bertambahnya usia, risiko mengembangkan sejumlah penyakit mata, seperti menurunnya penglihatan; kebutaan; katarak; glaukoma; dan degenerasi makula terkait usia, terus meningkat. Walaupun begitu, bukan berarti hal ini tidak bisa dicegah.

Ada beberapa langkah yang dapat kamu lakukan untuk mengoptimalkan fungsi mata, melindungi penglihatan dalam jangka panjang, dan mengurangi risiko berbagai masalah penglihatan.

Di bawah ini akan dibahas kebiasaan baik yang dapat kamu terapkan untuk menjaga kesehatan penglihatan.

1. Gunakan kacamata pelindung

Kenakan kacamata hitam setiap kali kamu harus beraktivitas di bawah paparan sinar matahari untuk meminimalkan risiko berkembangnya masalah kesehatan mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

2. Perhatikan gizi makanan

Kesehatan mata juga dipengaruhi oleh apa yang kamu makan. Menurut laman AGEN POKER ONLINE TERBAIK , nutrisi seperti asam lemak omega-3, lutein, seng, serta vitamin C dan E dapat membantu menangkal masalah penglihatan terkait usia, seperti degenerasi makula dan katarak.

Beberapa makanan yang baik untuk mempertahankan kesehatan mata adalah sayuran berdaun hijau, ikan berlemak sehat, telur, kacang-kacangan, buah sitrus, dan tiram.

3. Kurangi paparan cahaya

Menatap objek ultra cerah, seperti matahari atau laser pointer, dapat merusak penglihatan secara permanen. Bahkan, walaupun kamu sudah menggunakan kacamata hitam saat melihat cahaya, kamu bisa mengalami kerusakan di pusat penglihatan.

4. Terapkan aturan 20/20/20

Khusus buat kamu yang setiap hari harus menatap layar komputer, smartphone, atau tablet selama berjam-jam, nih! Agar mata tidak mudah lelah, kamu perlu menerapkan aturan 20/20/20, yaitu mengambil istirahat 20 detik setiap 20 menit untuk melihat objek sejauh 20 kaki.

5. Mengunjungi dokter mata secara teratur

Tiap individu membutuhkan pemeriksaan mata secara teratur, bahkan orang yang masih berusia muda sekalipun. Hal ini membantu melindungi penglihatan dan memungkinkan kamu mempertahankan kemampuan melihat yang terbaik, dikutip dari laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA.

Pemeriksaan mata juga memungkinkan deteksi dini penyakit mata, seperti glaukoma, yang tidak memiliki gejala. Penting untuk mengenali penyakit ini sejak dini, agar lebih mudah diobati.

Jadi, hanya karena saat ini kamu tidak mengalami masalah penglihatan, bukan berarti kamu bisa mengabaikan kesehatan mata. Mulailah lakukan kebiasaan-kebiasaan di atas demi menjaga mata sehat dan penglihatan optimal hingga tua nanti.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *