AsliDomino – Saat makan ramen di restoran Jepang, menurutmu, apa bahan dasar kuahnya? Kalau kamu tidak tahu, kuah gurih dan lezat tersebut terbuat dari rebusan tulang hingga keluar kaldunya! Tidak hanya lezat, kaldu tulang menjadi tren kesehatan dikarenakan manfaatnya yang menguntungkan.

Dapat ditelusuri dari zaman prasejarah, kaldu tulang terbuat dari rebusan tulang dan jaringan ikat pada hewan. Tidak hanya digunakan sebagai sup, saus, dan kuah mi, kaldu tulang juga populer sebagai minuman kesehatan. Apa saja manfaatnya? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Mengandung vitamin dan mineral esensial untuk tubuh

Sama seperti manusia, tulang hewan kaya akan kalsium, magnesium, potasium, fosfor, dan mineral lainnya. Namun, beberapa tulang memiliki kandungan istimewanya sendiri. Contoh, tulang ikan memiliki kandungan yodium yang menyehatkan kelenjar tiroid dan melancarkan metabolisme.

Sementara pada sumsum, inilah beberapa vitamin, mineral dan asam lemak yang berhasil di lansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK  yang
bisa kamu temukan:

  • Vitamin A;
  • Vitamin K2;
  • Zink;
  • Zat besi;
  • Boron;
  • Mangan;
  • Selenium;
  • Asam lemak omega3 serta omega-6.

Semua bagian tulang hewan juga mengandung kolagen, jenis protein yang berubah menjadi gelatin saat dimasak, dan menghasilkan beberapa asam amino penting untuk tubuh. Saat kaldu tulang mendidih, seluruh nutrisinya bersatu dengan air, sehingga mudah diserap tubuh!

2. Menyehatkan pencernaan

Pencernaan manusia adalah salah satu bagian penting tubuh yang menentukan kesehatanmu. Nah, kaldu tulang dapat membantu menyehatkan organ pencernaan!

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, kaldu tulang mengandung kolagen yang menjadi gelatin saat direbus. Nah, itulah sebabnya kaldu mengental saat disimpan di kulkas. Dalam pencernaan, gelatin mengikat air, sehingga makanan lebih mudah melewati usus.

3. Mencegah risiko inflamasi

Pada kaldu tulang, terdapat asam amino glisin dan arginin yang memiliki khasiat antioksidan terhadap inflamasi. Inflamasi memang dibutuhkan tubuh, tetapi jika sudah kronis dapat menyebabkan:

  • Penyakit jantung;
  • Diabetes;
  • Sindrom metabolik;
  • Penyakit Alzheimer;
  • Radang sendi (artritis); dan
  • Kanker.
4. Menyehatkan tulang dan persendian

Kembali lagi ke kolagen, protein utama ini dapat ditemukan pada tulang dan jaringan ikatnya seperti tendon dan ligamen. Selama dimasak, kolagen tulang dan jaringan ikat terpecah menjadi kolagen, kemudian jadi gelatin. Selain pencernaan, gelatin mengandung asam amino esensial untuk kesehatan tulang dan sendi.

5. Ampuh menurunkan berat badan

Meskipun rendah kalori, kaldu tulang tetap dapat mengenyangkan perut. Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa konsumsi kaldu tulang secara teratur dapat membuat perasaan kenyang lebih lama, sehingga dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak di perut.

Menurut penelitian AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, AS, Belanda, Kolombia, dan Denmark berjudul “tahun 2015, kaldu tulang dapat membantu mengontrol nafsu makan, menurunkan berat badan, dan mempertahankan massa otot. Hal tersebut dikarenakan kaldu tulang berprotein tinggi.

6. Meningkatkan fungsi otak dan membuat tidur lebih pulas

Kandungan glisin pada kaldu tulang dikatakan dapat membuat pikiranmu lebih tenang.glisin dapat membuat tidur lebih nyenyak.

Dengan mengonsumsi glisin sebanyak 3 gram saja, tidurmu lebih nyenyak tanpa harus takut terbangun tiba-tiba di malam hari. Selain itu, glisin mencegah kantuk di siang hari dan meningkatkan daya kerja otak dan memori.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *