AsliDomino – Gout adalah jenis artritis atau radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan asam urat dalam darah. Asam urat kemudian menumpuk di persendian, yang menyebabkan peradangan dengan rasa tidak nyaman dan nyeri.

Untuk menangani asam urat, pasien perlu bantuan dokter. Namun, ada beberapa bahan herbal yang bisa mendukung pengobatan dari dokter dalam meredakan atau mengatasi asam urat. Apa saja?

1. Jahe

5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

Salah satu rempah andalan ini dikenal memiliki sifat yang dapat membantu memperbaiki kondisi peradangan atau inflamasi. Kemampuannya untuk membantu meringankan asam urat sudah terbukti.

Satu studi dalam International Journal of Scientific & Technology Research menemukan bahwa jahe topikal (dioleskan) dapat mengurangi rasa sakit yang berhubungan dengan asam urat.

Studi lain dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menunjukkan bahwa pada subjek tikus dengan kadar asam urat tinggi atau hiperurisemia, pemberian serum jahe dapat mengurangi kadar asam urat.

Cara penggunannya, buat pasta jahe dari rebusan 1 sendok makan jahe segar parut dan air. Kemudian, rendam kain lap ke dalam campuran. Biarkan hingga dingin, lalu tempelkan waslap ke area yang terasa nyeri setiap hari selama 15 hingga 30 menit. Namun, hati-hati dengan iritasi yang mungkin terjadi.

2. Teh jelatang

5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

Jelatang adalah obat herbal yang banyak digunakan mengurangi peradangan dan nyeri asam urat secara tradisional. Tropical Biomedicine menunjukkan bahwa teh jelatang mampu melindungi ginjal, tetapi subjeknya adalah kelinci jantan, dan cedera ginjal disebabkan oleh pemberian gentamisin, antibiotik.

Untuk mencoba teh ini, seduh 1 hingga 2 sendok teh daun jelatang kering dengan secangkir air mendidih. Minum hingga 3 gelas per hari.

3. Dandelion

5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

Teh, ekstrak, dan suplemen dandelion dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan kesehatan hati dan ginjal. Studi dalam Journal of Advanced Pharmacy Education & Research yang menggunakan tikus sebagai subjek penelitian menunjukkan bahwa dandelion mungkin menurunkan kadar asam urat pada mereka yang berisiko mengalami cedera ginjal.

Kamu bisa memanfaatkan dandelion dalam bentuk teh, ekstrak, atau suplemen. Jangan lupa untuk ikuti petunjuk label dengan cermat.

4. Kembang sepatu

5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

Kembang sepatu adalah bunga taman, yang juga dapat dimanfaatkan untuk makanan, teh, dan obat herbal tradisional. Kembang sepatu juga dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati asam urat.

Satu penelitian terhadap tikus dalam Journal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA menunjukkan bahwa kembang sepatu dapat menurunkan kadar asam urat. Kamu dapat memanfaatkan kembang sepatu dalam bentuk suplemen, teh, atau ekstrak.

5. Seledri

5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

Seledri secara tradisional digunakan untuk mengatasi masalah saluran kencing dan asam urat. Penggunaan eksperimental seledri untuk asam urat telah didokumentasikan dengan baik, meskipun penelitiannya masih sedikit. Diperkirakan seledri bermanfaat untuk asam urat dengan mengurangi peradangan.

Belum jelas berapa jumlah seledri yang dibutuhkan untuk mengobati asam urat, tapi cobalah makan sebanyak mungkin seledri setiap hari, terutama seledri mentah, jus, ekstrak, atau biji-bijian.

Berbagai herbal tersebut berguna untuk membantu atau mencegah serangan asam urat di rumah hanya dengan sedikit atau tanpa efek samping. Namun, jangan pernah mengganti perawatan asam urat yang telah ditentukan dokter dengan pengobatan rumahan tanpa memberi tahu dokter.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *