AsliDomino – Ancaman penyakit jantung memang tak main-main. Kabar baiknya, walaupun banyak menyebabkan korban jiwa, tetapi penyakit ini bisa dicegah sedini mungkin dengan pola hidup sehat. Bahkan, kegiatan sesederhana hobi juga bisa mendukung kesehatan jantung, lho.

Apa saja hobi yang memiliki manfaat kesehatan buat jantung? Yuk, simak daftarnya di bawah ini!

1. Bersepeda

Meskipun bersepeda lebih merupakan olahraga, tetapi ini bisa dijadikan hobi. Tak harus bersepeda jauh, kamu bisa bersepeda santai di sekitar lingkungan permukiman rumah selama 30 menit.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK , menurut American Heart Association (AHA), orang dewasa disarankan untuk berolahraga antara 75-150 menit setiap minggunya. Maka dari itu, mencari hobi yang sekaligus bisa membuat tubuh aktif bergerak akan sangat baik untuk jantungmu. Nah, sepeda adalah salah satunya.
2. Berkebun

Aktivitas berkebun sama baiknya dengan olahraga, yang mana ideal khususnya untuk lansia yang tak bisa berolahraga sesering saat muda, kata peneliti melansir Science Direct.

Temuan tersebut didasarkan pada penelitian terhadap 4.000 partisipan berusia 60-an tahun di Stockholm, Swedia, yang kesehatan jantungnya dipantau selama sekitar 12,5 tahun.

3. Memasak

Kabar baik, nih, untuk kamu yang gemar memasak! Layaknya berkebun, memasak adalah aktivitas lainnya yang butuh gerak fisik intens. Entah kamu baru belajar memasak atau memasak sudah menjadi rutinitas, memasak bisa menjadi tantangan yang menyenangkan.

4. Pelihara hewan

Memelihara hewan bisa bermanfaat bagi pemiliknya (juga bagi sang hewan). Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, tekanan darah akan lebih normal bila memiliki hewan peliharaan. Ini karena hewan peliharaan bisa memberi ketenangan dan punya efek relaksasi, yang disebut sebagai pet effect yang didapat lewat sentuhan, kontak, atau interaksi dengan hewan peliharaan.

5. Seks

Di luar hobi, seks adalah kegiatan yang menyenangkan dan memuaskan. sebuah studi menemukan seks baik untuk kesehatan jantung. Partisipan studi adalah laki-laki.

Tim peneliti mengatakan bahwa laki-laki dengan frekuensi aktivitas seksualnya rendah mengalami peningkatan risiko penyakit kardiovaskular.

Lelaki yang melaporkan aktivitas seksual sebanyak sekali dalam sebulan atau kurang memiliki risiko lebih tinggi untuk mengalami penyakit kardiovaskular ketimbang lelaki yang berhubungan seks sebanyak dua kali dalam seminggu atau lebih.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *