AsliDomino – Jerawat yang muncul pada wajah seringkali membuat orang jadi kehilangan kepercayaan diri. Biasanya hormon memang menjadi faktor yang paling mempengaruhi kemunculan jerawat. Namun, faktor diluar genetik ternyata juga bisa menjadi penyebabnya, lho.

Salah satu yang sering menjadi penyebab munculnya jerawat adalah pemakaian makeup yang terlalu sering. Bukannya tanpa alasan, pemakaian makeup yang berlebihan dan cenderung tebal memang bisa memicu jerawat, baik karena alasan sensitivitas kulit akibat produk yang kurang cocok maupun tumpukan sisa makeup yang masih menempel.

Meskipun begitu, saat kita mulai jarang pakai makeup, ternyata jerawat tetap saja bisa bermunculan. Lalu, apa saja penyebabnya? Yuk, cek!

1. Kurang peduli menjaga asupan makanan

Jarang Makeup tapi Jerawatan? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA penyebab munculnya jerawat tidak selalu akibat faktor eksternal akibat ‘korban’ pemakaian produk makeup. Salah satu yang cukup berperan secara signifikan justru datang dari makanan yang kita konsumsi.

Golongan makanan tertentu jika dikonsumsi secara berlebihan ternyata ada yang dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat. Beberapa diantaranya datang dari makanan tinggi kalori, lemak, dan karbohidrat olahan. Selain itu, susu dan produk olahannya ternyata juga dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat.

Jadi, sangat penting untuk menjaga asupan makanan yang akan dikonsumsi, nih. Usahakan juga untuk menghindari makanan cepat saji dan mulai perbanyak asupan makanan sehat seperti sayur dan buah-buahan.

2. Stres juga dapat menjadi pengaruh buruk bagi kesehatan kulit

Jarang Makeup tapi Jerawatan? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Stres yang kita alami memang erat kaitannya dengan faktor penyebab kemunculan jerawat. Tekanan psikologis yang menjadi sumber stres akan meningkatkan produksi hormon dalam tubuh kita. Saat hal ini terjadi, sebum dan minyak di wajah juga akan lebih banyak hingga jadi mudah berjerawat.

Di samping itu, saat kita stres, keseimbangan hormon juga akan ikut terganggu. Akibatnya, jerawat yang sudah terlanjur muncul karena faktor lain malah akan semakin bertambah parah. Jadi, mulailah untuk mengelola sumber stres agar kesehatan kulit dapat lebih terjaga, termasuk kesehatan mental dan tubuhmu.

3. Jam tidur yang tidak teratur

Jarang Makeup tapi Jerawatan? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Sebagian besar orang pasti pernah mengalami gangguan tidur. Meski penyebannya bisa sangat beragam, tapi dampak yang diterima tubuh bisa sangat berbeda. Beberapa mungkin hanya mengalami kelelahan fisik. Namun, bagi sebagian orang, kurangnya waktu tidur juga akan meningkatkan risiko gangguan kesehatan kulit seperti kemunculan jerawat.

Saat jam tidur kita menjadi tidak teratur, sistem kekebalan tubuh pun akan cenderung melemah. Jika imun tubuh lemah, kesehatan kulit jadi ikut terganggu. Biasanya kulit akan jadi lebih rentan terhadap serangan bakteri, terutama penyebab jerawat. Bukan hanya itu, peradangan yang mungkin sudah dialami justru dapat memperparah jerawat di kulit kita.

4. Jarang berolahraga juga bisa memicu jerawat, lho

Jarang Makeup tapi Jerawatan? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Rutin berolahraga menjadi salah satu upaya penerapan pola hidup sehat yang seharusnya dapat selalu dibiasakan. Namun, sebagian orang terkesan mengabaikan aktivitas yang satu ini dengan alasan kesibukan atau bahkan rasa malas.AGEN POKER ONLINE TERBAIK

Alhasil, bukan hanya stamina tubuh yang mulai menurun, tapi kondisi kulit juga ikut terkena dampaknya. Saat kita mulai jarang berolahraga, suplai oksigen akan terhambat hingga pori-pori kulit jadi mudah tersumbat. Jika sudah begini, kotoran yang menempel akan makin sulit dibersihkan dan jerawat jadi mudah bermunculan.

5. Malas melakukan perawatan wajah

Jarang Makeup tapi Jerawatan? 5 Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Merawat kulit, terutama wajah, seringkali menjadi rutinitas yang wajib bagi sebagian besar orang. Bukan hanya karena ingin tampil menarik, tapi juga demi menjaga kesehatan kulit itu sendiri. Ketika kita mulai malas merawat wajah, yang akan terjadi tentu tidak jauh dari risiko kulit kusam dan tidak sehat hingga muncul berbagai masalah kulit seperti jerawat.

Rasa malas ini biasanya dipicu karena anggapan merawat wajah harus lewat rangkaian skincare yang cenderung mahal. Padahal, rutin membersihkan wajah dan memakai masker alami juga salah satu bentuk perawatan wajah sederhana yang berdampak besar bagi kesehatan serta kecantikan kulit.

Nah, itu lima penyebab jerawat mulai bermunculan meski sudah jarang pakai makeup. Yuk, hindari dan mulai lebih peduli pada kesehatan kulit kita.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *