AsliDomino – Berkumur dengan air garam biasanya identik dengan sakit gigi. Kamu sering melakukannya? Ternyata, kumur-kumur dengan air garam punya berbagai manfaat kesehatan lainnya, lho!

Menambahkan garam ke dalam segelas air hangat untuk berkumur dapat menciptakan efek osmosis. Konsentrasi garam akan menarik cairan dari jaringan pada mulut dan tenggorokan yang kemudian meredakan rasa sakit karena infeksi.

Selain yang sudah disebutkan tadi, berikut ini adalah beberapa manfaat berkumur dengan air garam yang mesti kamu tahu!

  • Meredakan peradangan dan mencegah infeksi datang kembali

Berkumur dengan air garam tak hanya mampu meredakan radang tenggorokan yang disebabkan olehpilek,alergi musiman, atau karena infeksi sinus. Tetapi juga mencegah infeksi datang kembali. Hal ini disebabkan efek osmosis yang dapat mengeluarkan berbagai patogen pada mulut dan tenggorokan.

  • Mengurangi bakteri berbahaya dalam mulut

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, kumur dengan air garam mampu menetralkan asam akibat serangan bakteri, sehingga menjaga pH mulut tetap seimbang dan mencegahnya dari radang gusi.

Kebiasaan berkumur dengan air garam juga dapat mencegah infeksi mulut dari jamur, misalnya jamur Candida. Dengan begitu, mulut terhindar dari berbagai mikroorganisme berbahaya.

  • Mengurangi risiko infeksi saluran pernapasan

Setelah pengamatan selama 60 hari di musim flu dan pilek, terbukti bahwa kumur-kumur tiga kali sehari bisa menurunkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan bagian atas (upper respiratory tract infections atau URTIs) hingga 40 persen. Dan bagi mereka yang sakit, gejala bronkialnya sangat berkurang dibanding kelompok yang tidak melakukan kumur dengan air garam.

  • Meningkatkan kesehatan gigi

Streptococcus mutans berperan besar terhadap pembentukan karies gigi, yakni penyakit infeksi yang merusak struktur jaringan keras gigi. Hal ini umum terjadi pada anak-anak, disebabkan penumpukan plak yang terbentuk dari sisa-sisa makanan, kotoran, dan bakteri di dalam mulut.

  • Meredakan gejala alergi

Alergi akibat interaksi dengan hewan peliharaan seperti anjing dan kucing bisa menimbulkan gejala berupa sakit pada tenggorokan. Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK
, berkumur dengan air garam bisa jadi alternatif untuk mengurangi rasa sakit yang dialami.

Cara membuat larutan air garam sangat mudah. Mengutip dari Mayo Clinic, campurkan 1/2-1/4 sendok teh garam ke dalam 200-250 ml air hangat. Larutkan, kemudian kumur-kumur selama 30 detik, kemudian keluarkan. Lakukan beberapa kali sampai semua larutan habis.

Dari uraian di atas, kita jadi tahu bahwa tindakan sederhana seperti berkumur dengan air garam memiliki banyak manfaat kesehatan yang tak terduga. Jadi, jangan ragu untuk mencobanya di rumah.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *