AsliDomino – Darah haid yang berwarna hitam mungkin membuat beberapa perempuan merasa khawatir. Akan tetapi, sering kali kondisi ini bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Ketika darah membutuhkan waktu ekstra untuk keluar dari rahim, darah akan teroksidasi. Hal ini dapat menyebabkan darah berubah warna, menjadi kecokelatan hingga menghitam.

Meskipun pada umumnya darah haid yang berwarna hitam tidak perlu dicemaskan, tapi dalam beberapa kasus, ini bisa jadi tanda adanya masalah pada tubuh. inilah beberapa penyebab darah haid berwarna hitam. Simak baik-baik penjelasannya, ya.

1. Awal atau akhir periode menstruasi

Aliran darah mungkin lebih lambat pada periode awal atau akhir menstruasi. Akibatnya, darah di rahim mungkin membutuhkan waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh dan berubah warna dari merah menjadi cokelat tua hingga hitam.

2. Darah haid yang tertahan

Haid yang tertahan atau disebut juga hematocolpos merupakan saat darah menstruasi tidak dapat keluar dari saluran vagina dan memenuhi vagina, yang perlahan-lahan menjadi semakin gelap seiring berjalannya waktu. Kondisi bawaan dari septum vagina atau selaput dara sering kali menjadi penyebab penyumbatan vagina ini.

3. Keguguran yang terlewat

Bercak hitam dan pendarahan juga bisa jadi indikasi adanya keguguran yang tertinggal, yaitu saat embrio berhenti berkembang tetapi tidak dikeluarkan oleh tubuh selama empat minggu atau lebih. Ini bisa terjadi karena beberapa orang mungkin tidak memiliki gejala saat mengalami keguguran.

4. Lokia pascapartum

Menurut AGEN POKER ONLINE TERBAIK pendarahan nifas yang berlanjut enam sampai delapan minggu setelah melahirkan disebut lokia. Kondisi ini dimulai dengan keluarnya darah berwarna kemerahan yang mengalir deras dan kemudian melambat setelah beberapa hari.

5. Adanya penyakit menular seksual

Penyakit menular seksual atau infeksi menular seksual (IMS) juga bisa menyebabkan perdarahan dan keluarnya cairan yang tidak biasa. Keluarnya cairan berwarna hitam bisa jadi tanda bahwa darah yang lebih tua keluar dari rahim atau saluran vagina. Infeksi ini juga bisa ditandai dengan keluarnya keputihan yang banyak dengan bau busuk.

Darah berwarna hitam merupakan bagian dari siklus menstruasi yang normal dan tidak memerlukan perawatan khusus. Namun, jika kondisi tersebut disertai gejala lain, seperti demam, nyeri, atau bau tak sedap, ada baiknya kamu memeriksakan diri ke dokter.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *