AsliDomino – Spirulina atau ganggang biru-hijau, yang diyakini sebagai salah satu  bentuk kehidupan tertua di Bumi. Spirulina adalah salah satu bahan smoothie populer karena beragam manfaat kesehatannya yang potensial. Spirulina adalah jenis cyanobacteria berbentuk spiral kecil yang ditemukan secara alami di beberapa kolam air tawar dan danau air asin.

Ada banyak spesies spirulina, tetapi Spirulina maxima dan Spirulina platensis adalah yang paling populer. Produk spirulina banyak tersedia dalam bentuk tablet, kapsul, maupun bubuk.

Tanaman air ini ternyata memiliki banyak manfaat potensial yang menarik untuk diketahui. Berikut ini adalah deretan manfaat kesehatan spirulina.

1. Mengurangi plak gigi dan peradangan

5 Khasiat Spirulina yang Perlu Diketahui, Tak Cuma untuk Skincare

Plak gigi adalah lapisan lengket dan bening di permukaan gigi yang terbentuk dari sisa-sisa makanan. Bila tidak dibersihkan dengan baik, plak gigi lama-lama akan mengeras dan menjadi karang gigi, yang kemudian bila tidak ditangani dapat menyebabkan inflamasi di garis gusi dan bagian lainnya di tubuh.

Mengingat studi tersebut hanya berlangsung selama seminggu, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui apakah obat kumur yang mengandung spirulina memiliki manfaat jangka panjang. Hingga kini, cara terbaik dalam menjaga kebersihan gigi dan mulut adalah dengan menggosok gigi, membersihkan sela gigi dengan benang gigi, dan kontrol rutin ke dokter gigi.

2. Membantu mengatasi alergi musiman

5 Khasiat Spirulina yang Perlu Diketahui, Tak Cuma untuk Skincare

Alergi musiman, juga dikenal sebagai hay fever, adalah sekelompok kondisi yang bisa menyebabkan reaksi seperti bersin, hidung tersumbat, atau pilek. Gejala hanya dialami pada waktu-waktu tertentu dalam setahun. Sebagian besar penyebabnya adalah serbuk sari dan spora jamur.

Meski demikian, National Center for Complementary and Integrative Health mengingatkan bahwa tidak ada cukup bukti yang mendukung penggunaan spirulina untuk alergi musiman.

3. Mungkin bisa membantu melindungi diri dari kanker mulut

5 Khasiat Spirulina yang Perlu Diketahui, Tak Cuma untuk Skincare

Sudah ada beberapa penelitian telah menemukan efek perlindungan potensial dari spirulina terhadap kanker mulut.

Berdasarkan penelitian dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA , tim peneliti melihat efek spirulina pada pengunyah tembakau dengan lesi prakanker. Setelah mengonsumsi 1 gram spirulina per hari, 45 persen peserta melaporkan bahwa lesi mereka hilang, dibanding dengan hanya 7 persen pada orang dengan plasebo.

Walaupun demikian, masih terlalu dini untuk memastikan khasiat antikanker pada spirulina untuk kanker mulut atau jenis kanker lainnya. Masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

4. Membantu meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan berat badan

5 Khasiat Spirulina yang Perlu Diketahui, Tak Cuma untuk Skincare

Merujuk pada laporan dalam jurnal Open Heart tahun 2020, konsumsi spirulina mungkin bisa membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Studi ini menemukan bahwa konsumsi 2-8 gram spirulina per hari mungkin bisa membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kadar low-density lipoprotein (LDL) atau kolesterol jahat, trigliserida, dan tekanan darah, sementara meningkatkan high-density lipoprotein (HDL) atau kolesterol baik.

Bagaimana spirulina memberikan efek-efek tersebut masih belum sepenuhnya dipahami. Namun, para peneliti menduga bahwa konsumsinya bisa membuat kenyang lebih cepat, menenangkan peradangan, dan membantu mengeluarkan kolesterol jahat dalam tubuh. Akan tetapi, tetap diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memastikannya.

5. Mengontrol diabetes

5 Khasiat Spirulina yang Perlu Diketahui, Tak Cuma untuk Skincare

Meski demikian, studi tersebut memiliki kelemahan, yaitu tidak semua studi yang ditinjau melibatkan partisipan dengan diabetes.

Itulah beberapa manfaat spirulina untuk kesehatan, bukan cuma buat bahan andalan produk skincare saja. Akan tetapi, konsumsinya tidak direkomendasikan untuk ibu hamil maupun orang-orang dengan kondisi autoimun seperti artritis reumatoid atau lupus, atau kondisi seperti fenilketonuria. Paling amannya adalah konsultasikan dulu ke dokter sebelum mengonsumsi suplemen spirulina, khususnya bila ada kondisi medis tertentu.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *