AsliDomino – Bagi kamu yang suka berenang, seberapa dalam kolam renang yang pernah kamu cobain? Kedalaman kolam renang di hotel atau di pusat kebugaran biasanya sekitar satu hingga tiga meter.

Namun, pernahkah kamu membayangkan berenang dan menyelam di kolam renang yang dalamnya hingga 60 meter? Wow, pastinya bikin merinding!

Deretan kolam renang berikut ini memiliki kedalaman yang fantastis. Gak cuma dipakai buat berenang biasa, tetapi juga biasa digunakan untuk latihan menyelam, syuting film, hingga penelitian.

Berikut deretan kolam renang terdalam di dunia yang bisa kamu masukkan ke dalamĀ bucket list liburan, terutama jika kamu pencinta renang atau selam.

1. Abyssea Diving Centre

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Abyssea Diving Centre berlokasi di Civaux, Vienne, Prancis. Kolam renang ini berada di pusat kebugaran yang bisa digunakan untuk berekreasi, berenang, hingga berlatih menyelam. Tersedia kolam renang dengan kedalaman 5 meter hingga 20 meter.

2. Fosse de Villeneuve-la-Garenne

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Masih di Prancis, ada juga kolam renang Fosse de Villeneuve-la-Garenne. Lokasinya berada di sebelah utara Kota Paris, Prancis.

Di sini terdapat tiga kolam dengan kedalaman yang berbeda. Mulai dari kedalaman 5 meter, 10 meter, hingga 20 meter. Selain berenang, kolam renang ini juga biasa digunakan untuk pelatihan menyelam.

3. Nemo 33

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut LepasKolam Renang Terdalam di Dunia (theculturetrip.com)

Kolam renang terdalam selanjutnya adalah Nemo 33. Lokasinya berada di Kota Brussels, Belgia. Kedalaman maksimal Nemo 33 sekitar 34,5 meter.

Air di kolam renang ini dihangatkan hingga suhu 30 derajat Celsius, sehingga perenang dan penyelam dapat menikmatinya tanpa pakaian selam. Nemo 33 bisa digunakan sebagai tempat rekreasi, pelatihan menyelam, hingga syuting film.

4. Y-40 Deep Joy

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Y-40 Deep Joy sempat menyandang gelar sebagai kolam renang terdalam di dunia. Lokasinya berada di Hotel Terme Millepini, Motehrotto Terme, Italia. Kolam renang hotel bintang empat ini memiliki kedalaman hingga 42 meter atau setara dengan gedung berlantai 14. Wow!Y-40 Deep Joy memiliki fitur pemanas yang menjaga kolam pada suhu yang cukup hangat. Kolam renang ini dapat menampung hingga 4.300 meter kubik air.

5. Deepspot

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Rekor milik Y-40 Deep Joy tak bertahan lama sebelum akhirnya dipecahkan Deepspot. Lokasinya berada di Kota Mszczonow, Polandia.

Kedalaman kolam renang Deepspot mencapai total 45,5 meter dan berisi 8.000 meter kubik air. Kolam renang ini dirancang sebagai kolam pelatihan dan latihan untuk penyelam di semua tingkatan. Bahkan, terdapaat bangkai kapal kecil untuk dijelajahi penyelam.

6. Blue Abyss

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Blue Abyss merupakan kolam renang terdalam kedua di dunia. Lokasinya berada di Cornwall, Inggris. Kolam renang ini baru akan dibuka pada tahun 2022, dengan kedalaman mencapai 50 meter.

Blue Abyss akan digunakan untuk pelatihan, penelitian, pengembangan untuk penyelaman komersial, eksplorasi ruang angkasa, ilmu kehidupan manusia, dan kapal selam.

7. Deep Dive Dubai

7 Kolam Renang Terdalam di Dunia, Serasa Berada di Laut Lepas

Rekor kolam renang terdalam di dunia saat ini dipegang Deep Dive Dubai yang berlokasi di Kota Dubai, Uni Emirat Arab. Deep Dive Dubai resmi dibuka untuk pariwisata pada Rabu, 7 Juli 2021.

Kedalaman Deep Dive Dubai cukup fantastis, yakni hingga 60 meter. Ukuran volume kolam renangnya mencapai kapasitas hingga 14 juta liter air atau setara dengan volume enam kolam renang ukuran Olimpiade. Wow!

Deep Dive Dubai gak sekadar kolam berisi air. Fasilitas yang ditawarkan juga luar biasa lengkap dan megah. Di kedalaman, kamu bisa menyaksikan bangunan-bangunan yang merepresentasikan sisa-sisa kota tenggelam yang hilang atau Atlantis.

Tak cukup sampai di situ, kolam renang ini memiliki fasilitas berupa apartemen, perpustakaan, restoran istimewa, hingga sebuah studio film bawah air. Gak heran kalau Deep Dive Dubai dijuluki sebagai ‘Kota yang Berada di Bawah Air’.

Bagi kamu yang berminat menjajal kolam renang ini, siap-siap membayar tiket mulai USD218 atau sekitar Rp3,2 juta.

Dari tujuh kolam renang terdalam di dunia tersebut, mana yang paling bikin kamu penasaran? Tulis di kolom komentar ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *