AsliDomino  – Perempuan mana, sih, yang nggak ingin kulitnya glowing? Untuk meraihnya, tak jarang seseorang membeli berbagai produk skincare yang kadang menguras isi dompet dan melakukan perawatan rutin setiap hari.

Namun, sering kali perawatan dengan skincare saja tidak cukup. Kita kerap lupa kalau merawat kulit itu tak hanya dari luar saja, juga dari dalam. Misalnya dengan tidur cukup, minum air putih setidaknya 8 gelas per hari, mampu mengelola stres dengan baik, serta memperhatikan asupan makanan sehari-hari.

Nah, dari segi pola makan, pastikan kamu mengonsumsi makanan-makanan berikut ini agar kulitmu glowing secara alami.

1. Tomat

Warna merah pada tomat lebih dari sekadar warna. Warna tersebut berasal dari senyawa likopen yang merupakan jenis antioksidan.

Likopen dapat membantu menangkal efek buruk dari radikal bebas, misalnya yang bersumber dari radiasi ultraviolet (UV) dari sinar matahari. Radikal bebas ini, menurut para ahli, bisa menyebabkan penuaan dini hingga penyakit kanker kulit.

2. Wortel

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK

wortel tak hanya mampu mendukung kesehatan mata, tetapi juga mengusir jerawat.

Wortel mengandung beta-karoten dan vitamin A, antioksidan yang dapat mencegah produksi sel berlebihan di lapisan luar kulit. Artinya, akan lebih sedikit sel kulit mati (terlihat seperti sisik) yang mana bila bercampur dengan sebum akan menyumbat pori.

Selain itu, vitamin A juga berperan penting dalam menurunkan perkembangan sel kanker kulit.

3. Ikan salmon

Bukan cuma merupakan sumber terbaik omega-3, ikan salmon juga mengandung dimethylaminoethanol (DMAE) yang dapat membuat membran sel kulit lebih kuat, sehingga dapat terhindar dari kerusakan yang memicu penuaan dini.

DMAE juga bisa mencegah produksi asam arakidonat (AA), pemicu peradangan penyebab munculnya kerutan di kulit. Tak hanya itu, DMAE bersama-sama dengan vitamin B dapat meningkatkan kadar asetilkolin, yaitu neurotransmiter penting untuk fungsi otot yang bisa membuat wajah tetap kencang.

4. Paprika kuning

Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C bisa memicu produksi kolagen, yakni protein yang menjaga kekenyalan serta elastisitas kulit, sehingga menjaga kulit wajah tampak awet muda. Salah satu sumber makanan kaya vitamin C adalah paprika kuning.

Kemampuan jenis sayuran ini dalam merawat kulit telah diteliti dan diterbitkan di jurnal British Journal of Nutrition. Penelitian yang melibatkan 716 wanita Jepang ini menemukan bahwa semakin banyak sayuran berwarna hijau dan kuning yang dikonsumsi, maka jumlah kerutan pun semakin sedikit.

5. Ubi jalar

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA tahun 2011 menemukan bahwa pola makan kaya akan buah dan sayuran akan membuat kulit sehat, menarik, serta lebih glowing. Namun orang-orang yang mengonsumsi lebih banyak sayuran hijau dan merah setiap harinya adalah yang memiliki warna kulit paling cerah alias glowing saat disinari matahari. Ini merupakan hasil dari senyawa karotenoid yang memberi warna pada sayuran tersebut.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa membuat kulit kamu glowing alami secara sekaligus menjaga kesehatan kulit secara menyeluruh dari dalam. Adakah yang merupakan makanan favoritmu?

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *