AsliDomino – Meskipun tidak ada diet khusus untuk meningkatkan peluang kehamilan, tetapi pola makan bergizi seimbang bisa membantu mendukung kesehatan secara keseluruhan, termasuk kesehatan reproduksi pada perempuan maupun laki-laki.

Menurut laporan dalam Jurnal Skala Husada tahun 2013, zat gizi yang penting saat prakonsepsi adalah asam folat, zat besi, vitamin C, E, B6, zink, selenium, dan kalsium. Tiga bulan menjelang masa prakonsepsi, diperlukan konsumsi vitamin, asam folat, dan asam lemak esensial. Misalnya perbanyak konsumsi alpukat dan ikan laut segar karena mengandung asam folat dan omega-3 yang baik untuk membantu proses fertilisasi. Asupan yang perlu dibatasi adalah kafein.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini enam bahan makanan yang bisa membantu meningkatkan kesehatan reproduksi. Penting banget untuk pasangan yang merencanakan kehamilan, nih!

1. Buah beri

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Keluarga buah beri seperti blueberry dan rasberi mempunyai kandungan antioksidan alami dan antiinflamasi yang membantu meningkatkan kesuburan laki-laki dan perempuan.

Buah beri juga kaya akan vitamin C dan asam folat yang dapat membantu pertumbuhan janin yang sehat. Vitamin C membantu meningkatkan jumlah sperma dan mobilitasnya. Kecukupan vitamin C untuk remaja dan dewasa adalah 50-90 mg per hari.

2. Kacang-kacangan

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Melansir laman Laurel Fertility Care, ada studi yang menunjukkan bahwa perempuan yang mengonsumsi protein nabati lebih berhasil dalam keteraturan siklus menstruasi daripada konsumsi lauk hewani.

Protein nabati mempunyai kandungan tinggi serat dan vitamin B, selain itu protein nabati juga mempunyai kandungan asam folat dan zat besi yang baik. Namun, jika mengonsumsi kacang kalengan, periksa dulu komposisinya apakah bebas BPA. Bahan kimia ini mempunyai dampak buruk terhadap kadar estrogen pada perempuan.

3. Telur

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Telur adalah sumber protein hewani yang mempunyai kandungan tidak kalah dengan protein hewani lainnya. Telur terbukti baik untuk kesuburan perempuan dan laki-laki.

Kuning telur juga diketahui mengandung 100 persen vitamin A. Asam folat merupakan jenis vitamin B kompleks yang membantu pembentukan sel darah merah selama kehamilan.

Kuning telur ayam yang dibesarkan di padang rumput dikaitkan mempunyai kandungan asam lemak omega-3 yang meningkatkan kesuburan EPA dan DHA, serta vitamin A,D,E,K yang larut dalam lemak.

4. Tiram

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Dikutip dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK, kerang-kerangan atau tiram merupakan salah satu contoh sumber zink terbaik. Tiram sudah sejak lama dikenal sebagai makanan yang bisa meningkatkan seksual atau libido.

Bagi laki-laki, zink dapat membantu fungsi organ seksual, produksi sperma, dan melincahkan pergerakan sperma. Kurangnya asupan zink dapat mengakibatkan penurunan hormon testosteron dan berkurangnya produksi sperma yang sehat.

Sementara itu, manfaat zink pada perempuan adalah membantu mengurangi rasa nyeri saat menstruasi.

Kebutuhan zink untuk usia remaja dan dewasa adalah 9,3-17,4 mg per hari.

5. Ikan salmon

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Ikan salmon merupakan salah satu makanan yang sering direkomendasikan untuk meningkatkan kesuburan. Ikan salmon dikenal kaya akan asam lemak omega-3 yang telah terbukti bermanfaat bagi kesuburan. Selain itu, omega-3 dan DHA diketahui dapat menunjang perkembangan otak dan mata janin.

Ikan laut ini juga merupakan sumber selenium dan vitamin D. Keduanya baik untuk laki-laki, yang mana dapat meningkatkan kadar air mani dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Alpukat

6 Makanan Ini Meningkatkan Kesehatan Reproduksi, Tambah Asupannya!

Alpukat adalah salah satu sumber terbaik asam folat. Selain itu, buah ini juga mengandung vitamin K yang bisa membantu penyerapan nutrisi secara efektif dengan menjaga keseimbangan hormon. Alpukat juga mengandung kalium tinggi yang berfungsi untuk mengatur tekanan darah.

Buah yang satu ini juga mengandung lemak tak jenuh yang merupakan lemak sehat, serta menawarkan serat dan asam folat yang penting pada tahap awal kehamilan.

Itulah beberapa makanan yang bisa rutin kamu konsumsi untuk meningkatkan kesehatan reproduksi, yang tentunya lewat pola makan sehat bergizi seimbang. Kurangi konsumsi makanan yang tidak sehat seperti makanan cepat saji, ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *