AsliDomino – Penyakit autoimun merupakan kondisi ketika sistem kekebalan tubuh menyerang tubuhnya sendiri. Terdapat lebih dari 80 penyakit yang digolongkan penyakit autoimun. Lima jenisnya yang paling umum meliputi penyakit Hashimoto, lupus, psoriasis, artritis reumatoid, dan diabetes tipe 1.

Mengingat para ahli masih belum tahu apa penyebab pasti penyakit autoimun, tetapi telah diketahui kalau genetik dan lingkungan adalah faktor yang dapat mengembangkan kondisi tersebut. Membuat perubahan gaya hidup, seperti menerapkan diet atau makanan khusus adalah salah satu cara terbaik penanganan penyakit.

Inflamasi atau peradangan adalah bagian alami dari respons imun tubuh, dan saluran pencernaan yang tidak sehat sering kali menjadi pemicu gejala. Ketika sel-sel yang melapisi saluran pencernaan menjadi longgar, makanan yang tidak tercerna dan bakteri bisa bocor ke aliran darah, mengiritasi tubuh, dan memicu peradangan yang menyakitkan.

Nah, mengonsumsi makanan dengan sifat antiinflamasi dapat menutrisi usus adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan gejala penyakit autoimun. Berikut ini adalah beberapa makanan yang disarankan untuk dikonsumsi bila kamu punya penyakit autoimun.

1. Sayuran berdaun hijau

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi jika Memiliki Penyakit Autoimun Bila kamu punya penyakit autoimun, mengisi kulkas dengan sayuran hijau seperti bayam, kangkung, selada, kale, dan sebagainya sangat disarankan. Sayuran berdaun gelap ini kaya akan nutrisi dan antioksidan yang melindungi sel-sel sehat dari kerusakan dan mengurangi peradangan.

2. Ikan salmon

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi jika Memiliki Penyakit Autoimun 

Ikan salmon adalah sumber pangan yang tinggi akan kandungan asam lemak omega-3, yang dapat membantu mengurangi peradangan yang dapat terjadi pada penyakit autoimun tertentu, begitu juga menyokong imunitas tubuh.Salmon juga mengandung vitamin D.

3. Alpukat

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi jika Memiliki Penyakit Autoimun 

Alpukat bukan cuma sumber lemak yang dapat menyehatkan jantung, tetapi juga kaya akan kalium atau potasium. Dari beragam manfaat sehatnya, buah ini diketahui dapat membantu mengurangi lemak perut, kolesterol jahat, hingga menurunkan risiko diabetes.

4. Sayuran cruciferous

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi jika Memiliki Penyakit Autoimun 

Sayuran cruciferous atau sayuran silangan adalah kelompok ragam sayuran yang mencakup brokoli, kembang kol, kubis, pakcoy, arugula, kubis Brussel, sawi, selada air, dan lobak. Jenis sayuran ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut glutathione.

Merujuk pada laporan dalam jurnal Autoimmunity Reviews tahun 2009, glutathione memiliki peran penting dalam pengaturan imunitas tubuh dan bisa memiliki pengaruh pada efek penyakit autoimun.

5. Bluberi

5 Makanan yang Wajib Dikonsumsi jika Memiliki Penyakit Autoimun 

Semua jenis buah beri sebetulnya berkhasiat untuk orang-orang dengan penyakit autoimun. Dengan rasa yang manis, asam, dan menyegarkan tiap gigitannya, bluberi yang kaya akan nutrisi mungkin punya peran dalam kondisi autoimun.

Menambahkan bluberi ke dalam semangkuk oatmeal bersama dengan bayam dan stoberi misalnya, dapat menyediakan serat prebiotik dan berperan sebagai antioksidan.

Itulah beberapa jenis makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi orang-orang dengan penyakit autoimun. Untuk panduan makan yang lebih lengkap sesuai dengan kondisi, sebaiknya bicarakan dengan dokter atau ahli gizi untuk merencanakan pola makan terbaik.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *