AsliDomino – Memiliki nama ilmiah Althaea officinalis, akar marshmallow merupakan tanaman berbunga yang berbeda dengan camilan manis marshmallow yang kita tahu. Ini karena camilan manis marshmallow belum tentu terbuat dari akar marshmallow, yang biasanya dibuat dari campuran gula dan bahan lainnya.

Akar marshmallow merupakan tanaman yang telah digunakan untuk pengobatan herbal selama berabad-abad lamanya. Orang-orang pada zaman Mesir kuno dan Yunani telah menggunakan akar marshmallow untuk mengobati berbagai penyakit.

Saat ini, akar marshmallow umum diolah dalam bentuk bubuk, kapsul, teh, dan sirop obat batuk. Simak lebih banyak mengenai manfaat akar marshmallow dalam artikel ini, yuk!

1. Dapat meredakan batuk

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Berbagai sirop obat batuk dan obat batuk herbal mengandung akar marshmallow. Lendir yang dihasilkan tanaman ini mungkin memiliki efek yang dapat menenangkan kerongkongan. Kemudian, sebuah studi juga telah menemukan bahwa sirop akar marshmallow terbukti dapat membantu untuk mengobati batuk kering.

Menurut studi lainnya lagi, campuran herbal akar marshmallow yang dipadukan dengan tanaman herbal lain seperti chamomile juga terbukti efektif dalam meringankan batuk pada anak-anak dibanding kelompok yang menerima plasebo.

2. Baik untuk kesehatan kulit

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Akar marshmallow dapat digunakan untuk meningkatkan penampilan kulit yang telah terpapar sinar ultraviolet (UV). Sebuah penelitian telah mendukung penggunaan ekstrak akar marshmallow dalam formulasi perawatan kulit untuk melindungi dari radiasi UV. Mengoleskan akar marshmallow pada kulit, terutama setelah terpapar sinar matahari langsung, dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

Tidak hanya itu, akar marshmallow juga dapat membantu meredakan iritasi kulit yang disebabkan oleh furunkulosis, eksem, dan dermatitis karena efek antiinflamasi yang dimilikinya.

3. Meredakan gejala mulut kering

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Xerostomia atau kondisi mulut kering kronis dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti penyakit gusi, infeksi gigi, dan meningkatnya risiko gigi berlubang. Mulut kering terjadi karena kadar air liur yang sedikit atau lebih rendah di mulut.

Menurut suatu penelitian, disimpulkan bahwa akar marshmallow dapat bermanfaat untuk perawatan mulut kering, Meredakan masalah pencernaan

4. Meredakan masalah pencernaan

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Tanaman ini juga dipercaya memiliki manfaat untuk meredakan berbagai masalah pencernaan.Teh akarmarshmallow bisa membantu menenangkan perut tanpa menimbulkan efek samping. Mencampurnya dengan tanaman herbal lain, seperti peppermint atau jahe, juga dapat memberikan efek yang lebih menenangkan.

5. Memiliki efek antioksidan yang baik untuk mencegah kanker, terutama kanker paru-paru

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Kandungan akar marshmallow yang kaya akan antioksidan dapat membantu mencegah pertumbuhan tumor kanker, terutama di paru-paru.

Kadar vitamin C yang tinggi pada akar marshmallow dapat membersihkan lendir di tubuh, dengan efek yang lebih terkonsentrasi pada lendir di paru-paru. Antioksidan ini juga dapat meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dapat membantu dalam pengobatan kanker.

6. Memiliki efek diuretik yang dapat mengurangi retensi air

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Akar marshmallow memiliki efek diuretik yang dapat membantu tubuh mengeluarkan kelebihan cairan. Khasiat ini dapat membantu menurunkan retensi cairan, edema, dan kembung. Karenanya, herbal ini dapat membantu membersihkan ginjal dan kandung kemih.

7. Mampu melawan infeksi bakteri dan meredakan gejala infeksi

7 Manfaat Akar Marshmallow untuk Kesehatan, Bisa Menyehatkan Kulit!

Mengonsumsi akar marshmallow dapat meredakan gejala infeksi seperti pembengkakan, nyeri tekan, atau rasa terbakar. Tanaman ini memiliki aktivitas antibakteri yang dapat membunuh bakteri dan mempercepat proses penyembuhan.

Mengonsumsi akar marshmallow juga dapat meningkatkan sekresi urine, sehingga berpotensi membantu mengeluarkan bakteri penyebab infeksi, termasuk infeksi saluran kemih dan batu ginjal.

Selain itu, akar marshmallow dikatakan dapat membantu mengobati sistitis interstisial, suatu bentuk penyakit kandung kemih. Teh akar marshmallow dapat memberikan efek menenangkan dan mengurangi peradangan akibat kondisi tersebut.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *