AsliDomino -Selain andalan bumbu masak, bawang putih juga sudah lama digunakan sebagai obat alami dan manfaatnya bagi tubuh sangat beragam. Lantas, bagaimana bawang putih yang diproses menjadi bawang hitam alias black garlic?

meskipun bawang putih telah diolah menjadi bawang hitam, itu tidak mengurangi sedikit pun manfaatnya. Malah, manfaatnya jadi bertambah! Yuk, simak serba-serbi black garlic dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh kita!

1. Apa, sih, bawang hitam?

Menurut sebuah laporan dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERBAIK  tahun 2014, disebutkan bahwa black garlic adalah produk olahan bawang putih yang dibuat dengan cara dipanaskan pada suhu tinggi di bawah kelembapan tinggi selama beberapa waktu, menghasilkan siung hitam dengan rasa manis.

Banyak penelitian yang membuktikan bahwa bawang putih mengandung zat antibakteri yaitu alliin yang disintesis dari asam amino sistein.

2. Bisakah membuat sendiri black garlic di rumah?

Pertama-tama, pilih bawang putih yang masing-masing siungnya masih menyatu dengan kulit dan tidak boleh pecah. Pilih bawang putih yang penampakan fisiknya terlihat bagus dan segar, kering, dan tidak lembap agar nanti hasilnya bagus.

Setelah itu, pakai rice cooker atau penanak nasi sebagai pemanas bawang putih. Tidak harus rice cooker, kamu bisa menggunakan alat pemanas dalam bentuk apa pun.

Bila memakai rice cooker, alasi bagian dalamnya dengan tisu dapur dan jajarkan bawang putih di atasnya. Jangan sampai bawang putih tumpang tindih untuk mencegah kerusakan bentuk bawang nantinya.

3. Perbandingan komponen bawang putih dan bawang hitam

Bawang putih segar juga mengandung tinggi γ-glutamylcysteines. Senyawa ini dapat dihidrolisis dan dioksidasi menjadi alliin, yang terakumulasi secara alami selama penyimpanan bawang putih pada suhu dingin. Setelah diproses, seperti dipotong, dihancurkan, dikunyah, atau dikeringkan, alliinase dengan cepat melisiskan sitotoksik sistein sulfoksida (alliin) untuk membentuk alkil alkane-tiosulfinat sitotoksik dan berbau seperti allicin.

4. Apa saja manfaat bawang hitam?

Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal BioFactors tahun 2002, dilaporkan bahwa ekstrak bawang hitam terbukti memiliki efek antioksidan, antialergi, antidiabetes, antiinflamasi, hipokolesteromik, hipolipidemia, dan antikarsinogenik.

Lebih lengkapnya, berikut ini manfaat black garlic bagi kesehatan:

  • Antitumor dan antikanker
  • Mendukung sistem imun tubuh.
  • Menjaga kadar kolesterol dalam darah agar tetap stabil.
  • Membantu mencegah dan mengatasi infeksi pernapasan.
  • Antidislipidemia dan antiobesitas.
  • Menurunkan kadar kolesterol dan mengurangi lemak
  • Meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL)
  • Memiliki kemampuan kardioperoektif, hipatoprotektif.
  • Hipokolesteromik (menurunkan kadar kolesterol darah).
  • Meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah peradangan saraf.
5. Adakah efek sampingnya?

Melansir laman AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA umumnya aman dikonsumsi, ada beberapa potensi efek samping yang perlu dipertimbangkan.

Seperti halnya bawang putih biasa, ada kemungkinan bawang hitam bisa mengiritasi saluran pencernaan dan dapat menyebabkan gejala seperti mulas, gas, mual, diare, dan bau badan, terutama bila dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Bila mengalami hal-hal di atas setelah mengonsumsi bawang putih maupun bawang hitam, kurangi atau hentikan konsumsinya dan lihat akan gejala masih dirasakan.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *