AsliDomino – Bagi banyak orang, sensasi pedas pada sambal bisa membuat makanan terasa makin nikmat. Komponen yang membuat cabai terasa berbeda dan pedas ini disebut capsaicin. Selain pada cabai, capsaicin juga dapat ditemukan pada berbagai rempah-rempah, seperti paprika, cabai jalapeno, hingga cabai rawit.

Selain memberikan rasa pedas pada makanan, ternyata capsaicin juga memberikan banyak manfaat kesehatan lainnya, seperti berikut ini.

1. Mengatasi psioriasis

Menurut studi dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK
capsaicin mampu menghambat pelebaran pembuluh darah kulit atau vasodilatasi kulit. Capsaicin juga dianggap mengurangi scaling dan eritema atau kemerahan yang tidak merata pada kulit.

Meskipun begitu, perlu diketahui bahwa beberapa pasien mungkin mengalami rasa terbakar, menyengat, gatal, dan kemerahan sebagai efek samping dari penggunaan capsaicin topikal. Akan tetapi, gejala ini akan berkurang atau menghilang dengan penggunaan lanjutan.

2. Menjaga kesehatan jantung

Capsaicin diketahui dapat menunda terjadinya stroke dengan meningkatkan oksida nitrat di pembuluh darah. Peningkatan oksida nitrat ini pada gilirannya dikaitkan dengan peningkatan umur pada tikus.

Lebih lanjut, pemberian capsaicin juga menurunkan tekanan darah pada tikus yang rawan hipertensi. Selain itu, ini menumpulkan kenaikan tekanan darah malam hari dari diet tinggi natrium. Capsaicin dapat melakukan ini dengan mengurangi retensi natrium oleh ginjal.

Dalam penelitian yang sama yaitu dilakukan pada babi, capsaicin juga diketahui dapat melebarkan arteri koroner babi secara eksternal. Hanya saja, mengaplikasikan capsaicin secara langsung pada otot yang melapisi pembuluh darah dapat menyebabkan penyempitan. Ini menunjukkan bahwa interaksi capsaicin sangat kompleks.

3. Potensi antikanker

Menurut laman Memorial Sloan Kettering Cancer Center, ada beberapa kemungkinan antikanker dari capsaicinCapsaicin dapat dimanfaatkan untuk potensi antiproliferatif dan kemopreventifnya melawan kanker prostat, payudara, dan kandung kemih. Komponen ini juga bisa bermanfaat melawan neuropati perifer yang diinduksi kemoterapi dengan menghilangkan rasa sakit.

Meskipun demikian, korelasi positif antara capsaicin dan kanker masih perlu didukung dengan uji coba skala besar.

4. Mengendalikan diabetes

Capsaicin mungkin memiliki manfaat untuk mengendalikan diabetes. sifat pedas dari capsaicin dapat membantu mengatur kadar gula darah.Capsaicin juga efektif dalam mengurangi nyeri yang disebabkan oleh nefropati diabetik.

5. Mencegah tukak lambung

Menurut sebuah penelitian pada hewan, capsaicin dapat mencegah tukak lambung dan dapat membantu menyembuhkan sakit maag yang sudah ada. Studi yang dilaporkan dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA ini menyatakan bahwa capsaicin menghambat sekresi asam lambung, mengurangi keasaman, meningkatkan sekresi lendir, dan merangsang aliran darah lambung.

Meskipun capsaicin menawarkan banyak manfaat kesehatan, tapi bukan berarti kamu boleh mengonsumsinya secara berlebihan. Sebab, konsumsi capsaicin atau makanan pedas secara berlebihan bisa membuatmu sakit perut dan sering buang air besar.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *