AsliDomino – Garam yang biasa ada di dapur rumah tangga adalah garam dapur atau garam putih biasa, meski ada pula garam lainnya yang cukup populer seperti garam laut, garam Himalaya yang biasa berwarna merah muda, garam kosher, dan lain-lain. Nah, ada pula garam hitam. Pernah dengar?

Garam hitam merupakan garam asli India yang mungkin tidak banyak ditemukan di Indonesia. Ada tiga jenis garam hitam, yang meliputi garam hitam ritual yang tidak dapat dikonsumsi, garam lava hitam, dan garam hitam Himalaya.

Garam hitam Himalaya merupakan jenis garam hitam yang paling umum dan paling banyak dimanfaatkan. Garam ini merupakan garam batu yang berasal dari tambang garam di Pakistan, Bangladesh, India, Nepal, dan lokasi lain di Himalaya.

Apakah garam hitam lebih sehat daripada garam dapur atau garam biasa?

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Dari rasanya, garam hitam berbeda dengan garam dapur biasa. Garam hitam dikatakan memiliki aroma belerang yang unik, begitu pula rasanya karena memiliki sensasi smoky.

Tidak seperti garam beryodium pada umumnya, garam hitam mungkin tidak meningkatkan kadar natrium dalam darah. Ini kemungkinan disebabkan oleh kandungan aditif dalam garam hitam yang lebih sedikit dibanding garam dapur biasa.

Beberapa garam dapur memiliki kadar aluminium silikat dan kalium iodat. Kalium iodat ini dapat berisiko bagi kesehatan karena bisa menyebabkan kerusakan jaringan melalui oksidasi lipid.

Untuk kesehatan, inilah berbagai manfaat garam hitam untuk kesehatan tubuh. Simak, ya!

1. Baik untuk kesehatan jantung

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Garam hitam dapat memiliki kandungan natrium yang lebih rendah dibanding garam dapur, terutama garam hitam yang murni berasal dari alam. Karena inilah garam hitam bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang dengan hipertensi atau yang ingin mengurangi asupan natrium.

Akan tetapi, kandungan natrium pada garam hitam maupun garam lainnya bisa bervariasi tergantung merek, sehingga kamu harus memeriksa label nutrisi produk untuk memastikan kadar natriumnya.

Selain itu, kandungan natrium yang rendah pada garam hitam juga dapat meningkatkan kualitas sirkulasi darah karena dapat mengencerkan darah. Garam hitam juga bisa membantu mengontrol kadar kolesterol secara efektif.

2. Dapat membantu penyembuhan berbagai masalah pencernaan

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Garam hitam dipercaya bermanfaat untuk mengatasi sembelit, iritasi lambung, dan berbagai masalah pencernaan lainnya. Sifat basa garam ini juga bisa menyeimbangkan produksi asam di lambung serta mengobati maag dan mulas.

Kandungan mineral yang tinggi dalam garam hitam juga mungkin dapat berguna untuk membantu penyembuhan asam lambung. Namun, penelitian ilmiah lebih lanjut diperlukan untuk mengonfirmasi manfaat ini.

3. Dapat meredakan kejang otot dan kram

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Kejang otot dan kram juga dipercaya dapat diredakan dengan garam hitam karena kandungan kalium dan mineral di dalamnya sangat penting untuk fungsi otot. Tidak cuma dapat meredakan kejang atau kram otot, garam hitam juga bisa membantu mencegahnya.

4. Mungkin dapat meredakan masalah pernapasan

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Menghirup garam hitam mungkin dapat membantu mengatasi berbagai gangguan pernapasan, termasuk flu biasa dan alergi. Asma dan masalah sinus juga mungkin bisa dicegah dengan garam hitam.

Garam hitam dapat dimasukkan ke dalam inhaler dan digunakan sebanyak dua kali sehari untuk mendapatkan perubahan signifikan pada kesehatan pernapasan.

5. Meningkatkan kesehatan kulit

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Tidak hanya baik untuk dikonsumsi, garam hitam juga mungkin bermanfaat untuk kesehatan kulit. Sebab, tekstur butiran garam hitam ini dapat dijadikan pembersih kulit untuk membuka pori-pori, serta menghilangkan keringat, kotoran, dan minyak yang dapat menyumbat pori-pori.

Mengutip Be Beautiful, garam hitam dapat dicampur dengan soda kue, minyak zaitun, dan beberapa tetes minyak esensial. Kemudian, aduk rata dan gosok dengan lembut pada seluruh tubuh dengan gerakan melingkar. Saat mengaplikasikannya, hindari area sensitif dan kemudian bersihkan dengan air hangat.

6. Membantu mengontrol gula darah

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Garam hitam juga mungkin efektif menurunkan risiko diabetes karena garam ini dapat efektif mempertahankan kadar gula dalam tubuh dan menurunkan kadar glukosa darah.

Untuk mendapat manfaat ini, kamu bisa minum segelas air yang dicampur sedikit garam hitam saat perut kosong setiap pagi. Ini dikatakan dapat membantu tubuh dalam detoksifikasi racun.

7. Dapat membersihkan dan menyehatkan rambut

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Garam hitam juga dapat membantu detoksifikasi kulit kepala untuk menghilangkan kotoran, minyak, dan penumpukan ketombe. Garam hitam juga baik untuk mencegah ketombe dan menguatkan akar rambut. Ini karena kandungan mineral dalam garam hitam dipercaya dapat memperkuat rambut, merawat ujung rambut yang bercabang, dan meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat.

Beberapa penelitian terbatas juga telah menunjukkan hasil positif ini dan menyimpulkan bahwa garam hitam dapat memberi manfaat detoksifikasi alami.

8. Dapat membantu menurunkan berat badan

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Garam hitam juga dapat membantu penurunan berat badan karena garam ini dapat menghancurkan enzim dan lipid untuk mencegah akumulasi lemak dalam tubuh. Garam hitam juga memiliki kandungan natrium yang lebih rendah, sehingga dapat membantu mengatur berat badan.

Asupan natrium yang tinggi sering terkait dengan peningkatan nafsu makan, yang bila tidak terkendali bisa menyebabkan berat badan naik.

9. Dapat membantu menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis

9 Manfaat Garam Hitam untuk Kesehatan, Lebih Sehat dari Garam Biasa?

Seperempat dari total garam tubuh disimpan dalam tulang, sehingga garam dapat bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Meski bermanfaat, konsumsi garam hitam yang berlebihan dapat memberikan berbagai efek samping, misalnya menimbulkan masalah selama kehamilan. Ini karena kandungan sulfatnya yang cukup tinggi. Jadi, tetap konsumsi sewajarnya saja.

Itulah beberapa manfaat garam hitam untuk kesehatan tubuh. Konsumsi garam hitam dapat menjadi alternatif yang baik, terutama bagi orang dengan tekanan darah tinggi. Manfaatnya pun juga bisa dirasakan untuk kulit dan rambut. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk menggunakan garam hitam dalam pola makan sehari-hari?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *