AsliDomino – Okra (Abelmoschus esculentus) adalah tanaman berbunga yang dikenal dengan biji polongnya yang bisa dimakan. Tanaman ini banyak dibudidayakan di kawasan dengan iklim hangat dan tropis seperti di benua Asia dan Afrika. Bisa diolah menjadi berbagai sajian, okra juga menawarkan banyak manfaat kesehatan, lho.

Okra punya dua warna, yakni merah dan hijau. Walau sayuran ini kurang familier dalam masakan Indonesia dan cara mengolahnya bisa menantang karena cenderung berlendir saat dimasak, tetapi cukup banyak restoran yang menghidangkan menu sayuran ini.

Ingin tahu apa saja manfaat okra bagi kesehatan kita? Berikut ini penjelasannya.

1. Kaya akan antioksidan

Sebuah penelitian dalam jurnal Nutrients tahun 2015 menyebut bahwa antioksidan utama yang terkandung dalam okra adalah polifenol, termasuk flavonoid dan isoquercetin.

Selain mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh, okra juga mengandung nutrisi lain seperti vitamin A dan C. Berdasarkan sebuah studi dalam jurnal Current Neuropharmachology tahun 2018, polifenol juga berdampak baik bagi otak dan melindunginya dari peradangan.

2. Mampu mencegah pertumbuhan sel kanker

Seperti halnya kacang-kacangan, okra juga mengandung lektin yang diketahui sebagai salah satu jenis protein.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Biotechnology Letters tahun 2014, para peneliti tersebut menguji lektin dari okra sebagai pengobatan kanker payudara. Dari situ, ditemukan adanya pengurangan pertumbuhan sel kanker sebesar 63 persen dan membunuh 72 persen sel kanker manusia.

3. Bisa menjadi obat herbal antidiabetes

Tanaman okra bisa menjadi obat herbal untuk mencegah diabetes.

Menurut sebuah laporan yang dipublikasikan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK pada okra didapatkan kandungan serat yang tinggi dan juga flavonoid sebagai antioksidan.

4. Mencegah osteoporosis

Mengonsumsi makanan yang menjadi sumber vitamin K dapat membantu memperkuat tulang, salah satunya dapat mencegah osteoporosis atau tulang keropos.

Selain okra, makanan lain yang juga tinggi akan kandungan vitamin K adalah kale, bayam mentah, hati sapi, pork chop (daging babi bagian pinggang yang minim lemak), daging ayam, kiwi, dan masih banyak lagi.

5. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan serat yang mudah larut yang terkandung dalam okra bisa mengurangi kolesterol. Oleh karena itu, okra bisa menurunkan kemungkinan terjadinya penyakit kardiovaskular.

Menurut sebuah laporan yang dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA mengonsumsi okra dengan rutin bermanfaat untuk mengelola kadar kolesterol tubuh.

Okra juga mengandung pektin yang dapat membantu mengurangi kolesterol darah yang tinggi.

Untuk mengolah dan mengonsumsi okra, pastikan untuk menyimpannya di tempat yang kering, misalnya di kantong kertas atau kantong plasti. Ini bertujuan agar okra tidak berlendir dan tidak mudah berjamur. Hindari mencuci okra kecuali bila kamu segera memasaknya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *