AsliDomino – Tanaman kumis kucing (Orthosiphon aristatus atau Orthosiphon stamineus) termasuk dalam familli Labiatae atau Lamiaceae. Tanaman ini berasal dari Afrika kemudian menyebar hingga ke Asia dan Australia.

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini beberapa manfaat tanaman kumis kucing untuk kesehatan yang kamu perlu ketahui.

1. Mengatasi masalah gangguan ginjal

Kumis kucing di daerah dijuluki sebagai “tanaman ginjal”, karena tanaman ini dianggap ampuh untuk menghilangkan batu ginjal hingga ukuran 5 cm. Selain itu, ramuan tanaman ini digunakan untuk mengobati gagal ginjal akut hingga penyakit kronis lainnya.

2. Menurunkan tekanan darah

Banyak penelitian telah dilaporkan tentang aktivitas antihipertensi Orthosiphon stamineus. Sebuah penelitian dalam jurnal Biological and Pharmaceutical Bulletin tahun 1999 menunjukkan bahwa methylripariochromene A (100 mg/kg) yang diisolasi dari daun O. stamineus dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan detak jantung, ketika disuntikkan ke tikus hipertensi jantan yang sadar secara spontan.

3. Bertindak sebagai diuretik

Diuretik adalah zat yang digunakan untuk meningkatkan jumlah produksi urine. Pada kumis kucing, terdapat senyawa sinensetin dan tetrametoksi-flavon yang berfungsi untuk meningkatkan jumlah urine dengan merelaksasi otot-otot dinding pembuluh internal.

Selain itu, khasiat diuretik tersebut dikatakan mampu mengurangi kadar asam urat dalam tubuh.

4. Bantu detoksifikasi tubuh

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, tanaman kumis kucing telah lama dikonsumsi masyarakat di Jawa, yang mana ini membuat kumis kucing juga dijuluki sebagai “Java tea“.

Salah satu alasan mengapa masyarakat mengonsumsi bahan herbal ini adalah karena properti pembersihnya. Diyakini bahwa tanaman tersebut merupakan pembersih alami yang dapat membantu mengeluarkan racun dan senyawa asing dalam tubuh, alias detoksifikasi.

5. Mengatur kadar gula darah

Pada tes toleransi glukosa oral, ekstrak O. stamineus secara signifikan menurunkan konsentrasi glukosa plasma dari tikus dengan kadar glukosa darah normal maupun tikus diabetes, tergantung pada dosis yang diberikan. Jumlah pemberian ekstrak O. stamineus
sebanyak 1.0 g/kg paling efektif menurunkan konsentrasi glukosa plasma dan respons ini
memiliki efektivitas yang mendekati efek terapi glibenklamid (5 mg/kg).

Itulah berbagai manfaat kesehatan dari tanaman kumis kucing. Boleh saja bila mengonsumsinya secara rutin untuk menjaga kesehatan dalam porsi wajar. Namun, bila ada kondisi medis tertentu, perlu diingat bahwa tanaman ini bukanlah obat. Pemeriksaan dan perawatan dari dokter adalah terapi utamanya.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *