AsliDomino – Kalau kamu ke toko obat dengan keluhan tenggorokan sakit, kamu tidak hanya akan disarankan untuk mengonsumsi FG Troches, tetapi juga luo han guo (Siraitia grosvernorii/monk fruit). Buah yang berasal dari dataran Tiongkok ini dipercaya untuk melegakan tenggorokan.

Diolah menjadi obat radang, kamu dapat menemukan obat ini seharga 22 ribu rupiah.

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Diseduh hangat-hangat, rasa manis luo han guo hampir identik dengan teh manis. Selain diseduh, tak jarang buah yang juga dijuluki “Buah Panjang Umur” di Tiongkok ini dijadikan bahan pemanis untuk masakan dan minuman sebagai pengganti gula.

Beberapa toko obat Tiongkok menjual buah ini dalam bentuk mentah untuk diolah. Eh, jangan coba-coba untuk memakan buah ini tanpa diolah! Rasanya tidak semanis itu kalau belum diolah.

Mereka yang mengandalkan suara sebagai profesi utama, seperti penyanyi, mc, atau penyiar radio, sering kali menyeduh luo han guo ketika mulai merasa suara mereka bermasalah. Selain rasanya yang manis dan melegakan tenggorokan, ternyata luo han guo memiliki manfaat lainnya untuk tubuhmu.

Apa sajakah manfaat luo han guo untuk kesehatan? Dijamin, setelah ini kamu akan makin cinta!

1. Menurunkan berat badan

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Terasa manis, saat kamu sudah menyukai luo han guo, gula sudah tidak perlu lagi ditambahkan dalam makanan dan minumanmu. Secara otomatis, kamu akan meninggalkan gula, sehingga berat badanmu akan turun.

2. Mencegah diabetes

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Walaupun terasa 300 kali lebih manis dari gula biasa, luo han guo tidak menyebabkan kadar gula darahmu naik. Apakah kamu atau anggota keluargamu mengidap diabetes?

Luo han guo bisa menjadi solusi jika kamu ingin memaniskan lidah. Rasa manis luo han guo datang dari komponen alami bernama mogrosida yang bukannya menaikkan kadar gula dalam darah, malah menurunkannnya!

Berbanding terbalik dengan gula, luo han guo juga memiliki komponen anti-hiperglikemik yang ada dalam pengobatan untuk diabetes mellitus. Komponen inilah yang menurunkan kadar gula dalam darah sehingga tidak menyebabkan diabetes.

Selain itu, anti-hiperglikemik juga memperlancar sekresi insulin dalam tubuh, sehingga mencegah diabetes. Jadi, kamu aman ngemil luo han guo tanpa takut kena diabetes!

3. Mencegah peradangan dan penyakit mematikan

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Hampir sama seperti buah beri, buah luo han guo mengandung antioksidan. Seperti yang sering dibahas, antioksidan melindungi jaringan tubuh dari peradangan akibat zat radikal bebas.

Oleh karena itu, zat anti-inflamasi pada luo han guo dapat mencegah penyakit-penyakit mematikan seperti kanker, masalah pencernaan, dan radang sendi (arthritis). Biasanya, jika kamu meminum obat-obatan anti-inflamasi, bagian hatimu terancam oleh efek sampingnya.

Jika kamu terserang radang tenggorokan, maka kamu dapat menyeduh luo han guo dan meminumnya sebagai obat untuk meredakan dahak dan radang.

4. Mencegah gagal ginjal

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Selain antioksidan, luo han guo juga mengandung mikroba alami yang mencegah pertumbuhan mikroba jahat dan mengontrol mikroba baik dalam tubuh.

Apakah kamu sering minum minuman manis dan bersoda? Kami sarankan untuk segera menghentikannya. Kenapa? Kamu lebih rentan untuk terkena gagal ginjal.

Dengan kata lain, kelebihan gula yang jahat dapat mengancam ginjalmu. Oleh karena itu, luo han guo dapat mencegah gagal ginjal akibat gula jahat dengan menyuplai tubuhmu dengan gula dan bakteri alami yang baik.

5. Menyehatkan jantung

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Selain tenggorokan, ternyata luo han guo juga menyehatkan jantungmu. Dengan mengonsumsi luo han guo secara rutin, kamu menyelamatkan dirimu dari serangan jantung atau stroke di masa depan.

Hal ini dikarenakan efek dari mogrosida pada luo han guo. Selain menurunkan kadar gula, mogrosida juga berkhasiat mencegah pengoksidasian kolesterol yang membuat kolesterol menumpuk dalam pembuluh darah dan arteri. Selain mencegah penyumbatan arteri, mogrosida juga berkhasiat memicu produksi kolesterol HDL (kolesterol baik) untuk jantungmu.

6. Mengobati alergi musiman

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Selain tulang, daging, dan saraf, tubuh manusia juga terdiri dari sel mastosit yang menjadi perantara respons histamin. Singkatnya, respons histamin adalah respons peradangan yang muncul akibat rangsangan dari luar seperti sengatan lebah, serbuk sari, atau debu.

Sebagai contoh, saat kamu alergi pada musim semi, kamu mengalami sesak napas. Atau, tubuhmu bengkak-bengkak saat disengat lebah. Hal-hal tersebut adalah respons histamin.

7. Meningkatkan angka harapan hidup

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Ini adalah manfaat terakhir, sekaligus akumulasi dari seluruh manfaat di atas. Sesuai dengan julukannya, luo han guo dipercaya dapat membuat orang yang mengonsumsinya secara rutin memiliki umur panjang.

Saat manusia mulai menua, mereka terpapar pada tekanan pikiran yang lebih. Hal ini mengakibatkan peradangan, dan menurunnya kualitas jaringan dalam tubuh yang termakan usia.

7 Manfaat Luo Han Guo untuk Kesehatan, Bukan Cuma untuk Tenggorokan!

Inilah manfaat luo han guo yang jarang tertutup oleh khasiatnya pada tenggorokanmu. Bagaimana? Tertarik untuk mulai mengonsumsi luo han guo? Nikmati sunset ala anak indie dengan secangkir luo han guo yang lebih sehat daripada kopi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *