AsliDomino – Sakit gigi bisa menyerang tanpa peringatan dan memiliki beberapa penyebab, seperti gigi berlubang dan penyakit gusi. Sakit gigi dapat menyebabkan nyeri dan ketidaknyamanan yang luar biasa.

Kabar baiknya, minyak esensial tertentu dapat mengurangi sakit gigi untuk sementara dan mungkin memiliki manfaat lain untuk kesehatan mulut juga. Meskipun minyak esensial tidak bisa menggantikan perawatan gigi dari dokter, tetapi minyak esensial mungkin dapat membantu meredakan ketidaknyamanan akibat sakit gigi.

Berikut ini adalah beberapa minyak esensial yang menurut penelitian bisa digunakan untuk mengurangi atau meredakan nyeri saat sedang sakit gigi.

1. Minyak cengkih

5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Sakit Gigi, Cepat Redakan Nyeri

Minyak esensial cengkih didapat dengan mengekstrak kuncup bunga cengkih. Minyak esensial ini tinggi eugenol, senyawa kimia dengan sifat analgesik, antiinflamasi, dan antibakteri.

Sifat analgesik tersebut membuat minyak cengkih ampuh dalam mengurangi sakit gigi dan gusi saat dioleskan. Selain itu, sifat antibakterinya juga membuat minyak ini efektif untuk mengurangi bakteri penyebab gigi berlubang.

Sebuah studi dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK menganalisis efek minyak cengkih pada gigi yang terkorosi oleh jus apel. Hasilnya, ditemukan bahwa minyak tersebut mampu menurunkan laju dekalsifikasi gigi.

2. Lavender

5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Sakit Gigi, Cepat Redakan Nyeri

Lavender telah lama dijadikan aromaterapi karena aromanya yang menenangkan. Selain itu, penelitian modern juga menemukan bahwa lavender dapat mengurangi persepsi nyeri.

Ditambah, minyak esensial lavender mengandung linalool, yang memiliki sifat antibakteri dan antijamur. Ini mungkin bermanfaat untuk mengurangi plak pada gigi dan melawan gigi berlubang.

3. Peppermint

5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Sakit Gigi, Cepat Redakan Nyeri

Salah satu komponen utama dalam minyak esensial peppermint adalah mentol. Mentol merupakan analgesik yang membantu menutupi sensasi nyeri serta anti-iritasi.sifat anti-iritasi ini akan menghangatkan kulit setelah mendinginkannya, yang pada akhirnya akan mengurangi sensasi nyeri.

Peppermint juga dikatakan bermanfaat untuk mengurangi biofilm pada gigi. Karenanya, peppermint dapat ditemukan dalam berbagai produk gigi, termasuk pasta gigi dan obat kumur.

4. Adas

5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Sakit Gigi, Cepat Redakan Nyeri

Adas memang dikenal sebagai bumbu, tapi sebagai minyak esensial, adas adalah bahan yang kuat. Aromanya seperti licorice, dan bagus untuk kesehatan pencernaan. Selain itu, adas juga dapat dimasukkan ke dalam rutinitas kebersihan mulut saat kamu sedang memiliki masalah sakit gigi. Adas memiliki beberapa khasiat pereda nyeri, dan tidak terlalu keras untuk gusi, dilansir Well + Good. 

Jika kamu ingin menggunakannya untuk mengatasi sakit gigi, tuangkan beberapa tetes minyak adas ke kapas dan oleskan ke bagian yang sakit. Lakukan hingga sakit gigi berkurang.

5. Boswellia

5 Minyak Esensial untuk Mengatasi Sakit Gigi, Cepat Redakan Nyeri

Resin pohon boswellia atau juga dikenal sebagai olibanum sering digunakan untuk membuat kemenyan. Menurut studi dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA minyak esensial dari pohon boswellia ini memiliki sifat analgesik dan antiinflamasi.

Kemungkinan, minyak esensial ini dapat mengurangi nyeri dan peradangan dengan menghambat aksi 5-lipoksigenase, enzim yang melepaskan leukotrien. Leukotrien adalah senyawa yang menghasilkan peradangan dalam tubuh.

Demikianlah beberapa minyak esensial yang dapat membantu mengatasi sakit gigi. Jika kamu merasa tidak nyaman mengoleskan minyak esensial secara langsung, encerkan terlebih dengan minyak pembawa atau air suling sebelum mengaplikasikannya.

Namun, harus diingat, meskipun minyak esensial dapat membantu mengatasi ketidaknyamanan akibat sakit gigi, minyak esensial tetap tidak bisa menggantikan perawatan dokter gigi. Jika kamu mengalami nyeri atau pembengkakan, lakukan pemeriksaan mulut dengan dokter gigi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *