AsliDomino – Menjaga sistem imun tetap kuat merupakan hal yang sangat penting dilakukan di tengah pandemik seperti sekarang ini. Apalagi sekarang sudah memasuki musim hujan, harus lebih waspada lagi supaya tubuh nggak gampang sakit.

Selain mengonsumsi makanan yang bisa memicu penguatan sistem imun, kamu juga perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan yang malah bisa melemahkan daya tahan tubuh. Contohnya adalah kebiasaan makan seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Minum alkohol berlebihan

Para pecandu minuman keras harus waspada. Meminumnya terlalu banyak, meski dalam jangka pendek atau dalam satu waktu, bisa berdampak buruk bagi daya tahan tubuh.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Alcohol Research menyimpulkan bahwa asupan alkohol berlebihan bisa melemahkan sistem imun. Hal ini membuat peminumnya rentan mengalami berbagai gangguan kesehatan, termasuk infeksi dan peradangan sistemis.

2. Konsumsi garam berlebihan

Burger, piza, keripik kentang, sosis, mi instan, adalah contoh makanan dengan kadar garam tinggi. Rasanya memang gurih, tapi mengonsumsinya terlalu banyak bisa mengancam daya tahan tubuh.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University Hospital Bonn, Jerman, terhadap tikus dan manusia, terlalu banyak asupan garam bisa mengakibatkan penurunan sistem imun. Hal ini disebabkan kelebihan natrium yang harus dikeluarkan oleh ginjal akan mengurangi kemampuan tubuh dalam melawan infeksi bakteri.

3. Asupan gula berlebihan

Hal penting lain yang harus kamu hindari jika tak ingin daya tahan tubuh melemah adalah konsumsi gula berlebihan. para partisipan yang diberi makan 100 gram gula setelah berpuasa semalaman menunjukkan penurunan kemampuan tubuh dalam melawan bakteri. Efeknya ini pun sudah terlihat hanya dalam waktu 1-2 jam.

4. Berlebihan konsumsi kafein

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, minuman berkafein seperti teh dan kopi memang baik bagi tubuh. Antioksidan yang ada di dalamnya memiliki sifat antiinflamasi. Hanya saja, terlalu banyak asupan kafein bisa mengganggu tidur. Kurang tidur atau tidur tidak nyenyak dapat memicu peradangan dan melemahkan imunitas tubuh.

Untuk mencegahnya, hindari minuman mengandung kafein dengan tambahan pemanis buatan, misalnya minuman berenergi dan minuman bersoda. Kalaupun ingin minum teh dan kopi, sebaiknya lakukan 6 jam sebelum tidur supaya tidak mengganggu kualitas tidur kamu.

5. Kurang makan serat

Masih banyak orang yang tidak suka makan serat, seperti sayur, buah, biji-bijian, dan kacang-kacangan. Padahal, mencukupi kebutuhan serat harian bisa meningkatkan kesehatan pencernaan.

Sebuah penelitian yang dimuat di jurnal Immunity menemukan bahwa asupan tinggi serat dan prebiotik mampu meningkatkan kekebalan tubuh, termasuk perlindungan terhadap serangan virus. Jadi, mulai sekarang selalu tambahkan serat dalam menu sehari-hari kamu, ya. Biar tubuh kamu gak gampang sakit!

Nah, itulah beberapa kebiasaan makan yang perlu kamu hindari jika tidak ingin daya tahan tubuhmu melemah. Ingat, daya tahan tubuh itu penting banget lho, sebagai penangkal berbagai penyakit, khususnya di tengah masa pandemik seperti sekarang.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *