AsliDomino – Negara yang warganya paling bahagia sedunia adalah Finlandia. Begitu menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dalam World Happiness Report edisi 2021 yang mereka susun. Pandemi atau tidak, Finlandia selalu menduduki peringkat pertama negara paling bahagia di dunia.

Klasemen 10 besar dikuasai oleh Eropa dengan 9 negara, sementara New Zealand menyelip di antara mereka. Bagaimana dengan negara-negara Asia? Laporan Kebahagiaan Dunia edisi 2021 menjelaskan bagaimana negara seperti Tiongkok dan Korea Selatan berhasil mengatasi pandemi lebih baik daripada negara Asia lainnya dan bagaimana kesejahteraan emosional masyarakat dipengaruhi oleh kebijakan pemerintah.

Namun hasil positif dalam memerangi penyebaran virus tidak serta merta menjadi hal signifikan menuju posisi teratas indeks kebahagiaan, seperti halnya hasil buruk penanganan COVID-19 tidak menyebabkan penurunan indeks kebahagiaan.

Banyak faktor lain yang menjadi pertimbangan PBB dalam penyusunan peringkat seperti GDP (Gross Domestic Product) atau PDP (Produk Domestik Bruto) yang merupakan salah satu indikator penting untuk mengukur kondisi perekonomian suatu negara.

Sebagai destinasi wisata, negara-negara bahagia ini rasanya pasti menyenangkan untuk dikunjungi. Nah, berikut daftar negara Asia yang paling bahagia.

1. Taiwan

5 Negara Asia Paling Bahagia, Apakah Indonesia Termasuk?

Taiwan sudah biasa mendapat nilai tinggi dalam Laporan Kebahagiaan Dunia dalam hal PDB per kapita, harapan hidup, dan dukungan sosial. Keluarga-keluarga multigenerasi hidup bersama dan di Taiwan sebuah komunitas lebih dihargai daripada individualitas.

Taiwan juga hebat dalam upayanya menghentikan pandemi sejak awal dan tidak pernah melakukan lockdown. Keberhasilan ini membantunya naik satu peringkat daripada tahun lalu. Dengan posisi ke-24 dunia, Taiwan yang merdeka dari Tiongkok sejak tahun 1949 merupakan ranking pertama negara paling bahagia di Asia.

2. Singapura

5 Negara Asia Paling Bahagia, Apakah Indonesia Termasuk?Di kawasan Asia, Singapura adalah negara paling bahagia kedua. Namun sebagai salah satu negara terkaya di dunia, Negeri Singa ini hanya menduduki peringkat ke-32 di bawah banyak negara miskin lain yang mengunggulinya dalam indeks kebahagiaan.

Sejumlah penelitian telah sering membuktikan kata pepatah bahwa uang tidak selalu bisa membeli kebahagiaan adalah benar adanya. Singapura memiliki nilai sangat baik dalam hal pendapatan, kepercayaan institusional, dan harapan hidup sehat. Namun tidak begitu bagus pada kategori kedermawanan terhadap orang lain dan kekuatan dukungan sosial.

3. Uzbekistan 5 Negara Asia Paling Bahagia, Apakah Indonesia Termasuk?

Negara terpadat di Asia Tengah ini ketiga paling bahagia di Asia dan peringkat ke-42 di dunia. Menurut laporan PBB, 34 juta warganya mendapat nilai bagus dalam hal kendali atas hidup mereka, dukungan sosial dan kemurahan hati terhadap orang lain. Uzbekistan juga semakin kaya. Pada 20 tahun yang lalu tingkat kemiskinannya hampir 30% sedangkan hari ini mendekati 10%. Ekonomi tumbuh lebih dari 7% per tahun.

Setelah kematian Karimov, penguasa otoriter selama 27 tahun, pada 2016 mantan Perdana Menteri Mirziyoyev memenangkan pemilihan presiden dengan 88% suara yang dibayangi laporan kecurangan. Kebebasan politik warga bekas Republik Soviet ini masih memprihatinkan. Namun walau dengan internet dan pers yang disensor ketat, warga Uzbekistan memilih tetap bahagia.

4. Kazakhstan

5 Negara Asia Paling Bahagia, Apakah Indonesia Termasuk?

Di tengah pandemi virus corona, Kazakhstan naik 15 peringkat dalam World Happiness Report. Menempati peringkat ke-4 Asia dan ke-45 dunia, mantan anggota Uni Soviet ini bahkan mampu mengembangkan vaksinnya sendiri, QazVac, yang mengklaim kemanjuran 96% dalam uji klinis tahap kedua.

Kazakhstan memang masih dipimpin rezim otokratis, namun warganya memilih tetap hidup bahagia. Populasinya sangat muda dengan sekitar setengahnya berusia di bawah 30 tahun, dan seperempatnya berusia di bawah 15 tahun. Happiness Report telah berulang kali membuktikan populasi yang lebih muda umumnya juga berarti lebih bahagia.

5. Thailand

5 Negara Asia Paling Bahagia, Apakah Indonesia Termasuk?

Tahun 2020 Thailand telah diguncang oleh demonstrasi anti-pemerintah, kekeringan di seluruh negeri, dan runtuhnya sektor pariwisata yang disebabkan oleh pandemi. Namun harapan hidup sehat, kebebasan membuat pilihan hidup dan hubungan interpersonal warganya tergolong bagus.

Tetapi, jangan kecil hati. Kamu bisa memulainya dari diri sendiri. Walau pandemi, tetaplah semangat dan jangan lupa bahagia ya!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *