AsliDomino – Surabaya memang salah satu kota yang menyimpan banyak pesona menarik di dalamnya. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner hingga wisata bersajarah pun dapat kalian temukan di Kota Pahlawan ini.

Salah satu objek wisata yang wajib kalian kunjungi jika berkunjung ke Surabaya adalah wisata museum di sana. Apalagi, Surabaya merupakan kota yang juga menyimpan sejarah panjang. Maka tak heran, banyak bangunan bersejarah yang dengan mudah dapat kalian jumpai di Ibu Kota Provinsi jawa Timur ini.

Tak hanya untuk merelaksasikan pikiran, berwisata ke museum bersejarah juga dapat menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Nah, berikut lima wisata museum di Surabaya yang wajib kalian kunjungi.

1. Museum W.R Soepratman

Penuh Nilai Sejarah! 5 Wisata Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Rekomendasi wisata museum di Surabaya yang pertama adalah Museum W.R. Soepratman. Rumah yang ditempati oleh pencipta lagu Indonesia Raya ini dibangun pada abad ke 20 setelah beliau pindah dari Pemalang ke Surabaya pada 1937

Tempat yang awalnya sebagai rumah pribadi Wage Rudolf (W.R.) Soepratman ini disulap menjadi museum edukatif dan diresmikan sebagai museum pada 10 November 2018. Jika kalian berkunjung kesana, kalian akan melihat foto-foto sejarah serta replika yang berhubungan dengan W.R. Soepratman. Mulai dari foto-foto orang tua W.R. Soepratman, replika baju hingga replika biola kesayangan beliau.

2. Museum House of Sampoerna

Penuh Nilai Sejarah! 5 Wisata Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Museum house of sampoerna merupakan dapat kalian jadikan sebagai destinasi liburan jika kalian pergi ke Surabaya. Dibangun pada 1862 silam, museum ini merupakan museum tembakau sekaligus markas besar sampoerna. Untuk desain bangunanya sendiri dipengaruhhi oleh gaya kolonial Belanda.

Di museum house of sampoerna ini kalian akan disuguhkan dengan berbagai pameran yang berhubungan dengan produksi rokok Sampoerna. Mulai dari beberapa cengkeh yang nantinya digunakan untuk membuat rokok, pemantik api, replika warung rokok, deretan foto, dan lain sebagainnya. Dan yang paling menariknya di sini, begitu masuk kalian akan langsung dapat mencium aroma khas dari tembakau.

Museum house of samporna berlokasi di Taman Sampoerna No. 6, Krembangan Utara, Kec. Pabean Cantian, Kota Surabaya, Jawa Timur

3. Monumen Kapal Selam

Penuh Nilai Sejarah! 5 Wisata Museum di Surabaya yang Wajib DikunjungiMonumen kapal selam merupakan salah satu wisata museum di Surabaya yang wajib kalian kunjungi. Resmi dibuka pada 15 Juli 1998, monumen kapal selam ini memiliki bentuk asli sebuah kapal KRI Pasopati 410 dari Satuan Kapal Selam Armada RI Kawasan Timur yang dibuat oleh Uni Soviet pada 1952 lalu.

Banyak hal menarik yang akan kalian dapatkan jika kalian berkunjung ke monumen kapal selam ini. Salah satunya kamu dapat mencoba periskop asli, karena monumen kapal selam seperti hanya ada dua di dunia. Menarik, bukan?

Monumen kapal selam berlokasi di Jl. Pemuda No. 39, Embong Kaliasin, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

4. Museum Kanker Indonesia

Penuh Nilai Sejarah! 5 Wisata Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Museum kanker Indonesia adalah museum kanker pertama di Indonesia. Baru dibuka pada tahun 2013, di museum ini kalian akan belajar tentang berbagai penyakit kanker. Dengan penjelasan yang cukup rinci tentang kanker dari gejala sampai ke penanganannya, serta di sini juga menyediakan puluhan alat peraga yang menyerupai organ dengan sel kanker diawetkan. Unik, ya.

5. Museum Surabaya (Gedung Siola)

Penuh Nilai Sejarah! 5 Wisata Museum di Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Tempat ini sebelumnya adalah tempat penjualan tekstil dan pakaian yang kemudian berkembang menjadi toserba terbesar di wilayah Hindia Belanda. Namun saat ini gedung ini sudah disulap menjadi Museum Kota Surabaya.

Di,museum Surabaya ini kalian akan melihat 1.000 benda-benda bersejarah yang berkaitan dengan perjalan kota Surabaya dari waktu ke waktu.

Museum Surabaya atau gedung siola berlokasi di Jl. Tanjungan No. 1, Genteng, Kec. Genteng, Kota Surabaya, Jawa Timur.

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *