BERKAHPOKER – seiring berjalannya waktu ,kemampuan kita dalam mengingat suatu hal akan berkurang.Kondisi itu dikenal dengan sindrom hyperthymesia atau sindrom mengingat superior. Kondisi ini juga sering disebut sebagai highly superior autobiographical memory (HSAM) atau orang-orang dengan ingatan autobiografi super.

1. Kemampuan mengingat masa lalu dengan sangat terperinci

Berdasarkan penelitian AGEN POKER ONLINE orang yang menderita hyperthymesia adalah kondisi dimana seseorang punya ingatan autobiografi superior yang dimana sebagian besar pengalaman pribadi dan peristiwa dalam kehidupan.
meskipun demikian , penyakit ingatan hyperthymesia memiliki memori yang cukup terbatas , dalam arti mereka hanya akan mengingat pengalamannya sendiri di masa lalu.

2. Kenapa seseorang bisa mengembangkan hyperthymesia?

Mengingat hyperthymesia merupakan kondisi langka, masih butuh penelitian lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab mengapa seseorang bisa mengembangkan kondisi ini. Namun, ada teori yang menduga bahwa hyperthymesia dipengaruhi oleh tiga faktor: biologi, genetik, dan psikologis.

Dari sudut pandang biologis, para peneliti menduga bahwa orang dengan hyperthymesia mengalami peningkatan aktivitas di daerah otak seperti lobus parietal superior dan inferior.

Sementara itu, dari sisi psikologis, diduga bahwa hyperthymesia terjadi secara obsesif ketika seseorang memikirkan pengalaman mereka sebelumnya.

3. Bagaimana diagnosis hyperthymesia?

Hingga saat ini, belum ada cara formal yang disepakati para ahli untuk mendiagnosis hyperthymesia, tapi beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang-orang dengan hyperthymesia memiliki tingkat hiperaktif di bagian tertentu dari otak mereka.

Bila seseorang dicurigai memiliki hyperthymesia, dokter akan melakukan pemindaian MRI ketika menjalani tes memori. Tes memori kompleks tersebut mencakup penilaian memori autobiografi, yang menguji seseorang dalam mengingat kembali peristiwa yang dialaminya.

4. Hyperthymesia: anugerah atau siksaan?

Sepintas, punya kemampuan mengingat luar biasa tentang peristiwa yang pernah dialami terdengar seperti sebuah kekuatan super. Namun, faktanya ini bisa jadi anugerah maupun siksaan. Pasalnya, bukan hanya kenangan indah saja yang bisa terekam di kepala dengan terperinci, tapi juga kenangan buruk.

Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, Jill pernah mengatakan bahwa dirinya cukup kewalahan bergumul dengan depresi dan terus mengenang peristiwa menyakitkan dalam hidupnya.

Jadi, sebetulnya kamu tak perlu iri atau mendambakan punya kondisi serupa. Paling tidak, yang bisa kamu lakukan adalah menjaga ketajaman daya ingatmu mulai sekarang. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat cukup, aktif dan rutin berolahraga, serta terus melatih otak dengan membaca, main puzzle atau teka-teki, menghafal lirik lagu atau puisi, main musik, belajar bahasa asing, dan masih banyak lagi.

Ingin mengingat sebuah peristiwa spesifik lebih baik? Ada, nih, caranya! Menurut sebuah penelitian dalam jurnal “Current Biology” tahun 2016, olahraga yang dilakukan 4 jam setelah peristiwa berlangsung mungkin dapat membantu kamu untuk mengingat lebih baik. Namun, efek ini dikatakan tidak akan dirasakan bila langsung berolahraga setelah suatu peristiwa terjadi.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *