AsliDomino – Memang benar adanya kalau kebersihan adalah pangkal kesehatan. Banyak penyakit yang bisa dicegah bila kamu senantiasa menjaga kebersihan diri dan lingkungan, termasuk COVID-19.

Ada sejumlah penyakit yang erat hubungannya dengan kebersihan. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), inilah daftar penyakit yang bisa muncul bila kamu kurang atau tidak menjaga kebersihan.

1. Kutu air

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Athlete’s foot atau tinea pedis, atau kita mengenalnya sebagai kutu air, adalah infeksi pada kulit dan kaki yang bisa disebabkan oleh beragam jamur. Infeksi jamur ini paling sering memengaruhi sela-sela jari kaki, walaupun bisa juga memengaruhi bagian mana pun dari kaki. Kondisi ini biasanya ditandai dengan celah atau sisik kulit yang bisa berwarna merah dan gatal.

Untuk mencegah penyakit ini, usahakan kuku tetap pendek dan bersih. Selain itu, pakailah alas kaki kaki bila berada di area umum yang lembap seperti ruang ganti atau kamar mandi umum.

2. Kutu tubuh dan kepala

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Kutu tubuh (Pediculus humanus corporis) merupakan serangga parasit yang bisa hidup dan bertelur pada pakaian dan hanya berpindah ke kulit untuk mengisap darah manusia. Sementara itu, kutu kepala (Pediculus humanus capitis), juga merupakan serangga parasit yang bisa ditemukan di kepala dan leher, yang juga bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Kedua kutu ini umumnya menyebar lewat kontak dekat dari orang ke orang.

3. Diare kronis

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Diare kronis atau persisten adalah diare yang bertahan lebih dari 2-4 minggu. Pada orang yang sehat, diare kronis bisa menandakan masalah kesehatan yang serius. Untuk orang-orang dengan sistem kekebalan yang lemah, diare kronis mungkin merupakan penyakit yang mengancam jiwa.

Diare kronis yang disebabkan oleh infeksi umumnya bisa dicegah dengan meminum air yang bersih, pengolahan makanan yang bersih dan benar, serta menjaga kebersihan tangan.

4. Karies atau kerusakan gigi

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Karies gigi, gigi berlubang, atau kerusakan gigi disebabkan bakteri pada gigi yang memecah makanan dan menghasilkan asam yang kemudian menghancurkan email gigi dan menyebabkan kerusakan gigi.

Langkah-langkah pencegahannya meliputi:

  • Fluoridasi air
  • Menyikat gigi dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluorida
  • Bersihkan sela-sela gigi dengan benang gigi
  • Konsumsi pola makan bergizi seimbang dan batasi konsumsi camilan
  • Rutin kontrol ke dokter gigi tiap enam bulan

5. Cacing kremi

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Ini adalah parasit yang paling sering mendiami pencernaan manusia. Saat terinfeksi, penderitanya akan merasakan gatal di area anus pada malam hari. Menggaruk area anus merupakan cara cacing kremi untuk mengulangi siklus infeksi.

6. Kutu kemaluan

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Kutu kemaluan atau Pthirus pubis sering menghinggapi area rambut kemaluan, walaupun bisa juga ditemukan di area berambut lainnya seperti alis, janggut, rambut dada, atau rambut ketiak. Menurut keterangan dari National Health Service, kutu kemaluan yang mengisap darah ini menyebabkan rasa gatal di area yang terinfeksi.

Menjaga kebersihan diri adalah cara utama untuk mencegah dan mengontrol penyebaran kutu kemaluan, seperti:

  • Segera mengobati kutu kemaluan dan segera informasikan ini ke pasangan seks
  • Hindari kontak seksual dengan orang yang terinfeksi hingga orang tersebut telah menjalani pengobatan
  • Cucipakaian dengan benar
  • Tidak berbagi atau saling meminjamkan pakaian, seprai, atau handuk yang digunakan oleh orang yang terinfeksi

7. Kudis

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Kudis terjadi karena adanya tungau Sarcoptes scabiei var. Hominis yang menginfeksi kulit. Ukurannya yang sangat kecil ini membuatnya dapat masuk ke dalam lapisan kulitmu dan hidup di sana sambil bertelur. Ini mengakibatkan kamu merasakan gatal-gatal dan munculnya ruam di area yang terinfeksi.

8. Otitis eksterna

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Otitis eksterna adalah infeksi pada saluran telinga luar yang disebabkan bakteri Staphylococcus aureus atau Pseudomonas aeruginosa. Bakteri tersebut umumnya ada di kolam renang umum dan ini menyebabkan rasa tidak nyaman dan sakit pada penderitanya. Umumnya infeksi ini dialami oleh para perenang. Inilah kenapa kondisi ini juga dikenal sebagai swimmer’s ear.

9. Trakoma

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Trakoma atau trakom adalah penyebab utama kebutaan di dunia akibat infeksi yang dapat dicegah. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Chlamydia trachomatis yang mudah menyebar lewat kontak langsung, berbagi handuk atau pakaian, atau lalat yang berkontak dengan mata atau hidung orang yang terinfeksi.

Jika tidak diobati, infeksi trakoma berulang dapat menyebabkan jaringan parut yang parah di bagian dalam kelopak mata dan dapat menyebabkan bulu mata menggores kornea (trichiasis). Selain menyebabkan rasa sakit, trichiasis secara permanen merusak kornea dan dapat menyebabkan kebutaan permanen.

10. Kurap

10 Penyakit yang Bisa Timbul Kalau Kamu Tidak Menjaga Kebersihan

Kurap merupakan infeksi jamur pada tubuh. Seringnya gejala infeksi ini ditunjukkan dengan adanya ruam melingkar berwarna merah. Lokasinya pun bisa berbeda-beda. Mulai dari kepala, wajah, hingga area selangkangan.

Untuk mencegah kurap, cara terbaiknya adalah dengan tidak meminjamkan barang pribadi ke orang lain dan juga sering mandi sekaligus berganti baju.

 

 

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *