AsliDomino – Susu, cokelat, dan kacang-kacangan merupakan tiga jenis makanan yang sering dikombinasikan dengan kopi. Tak perlu diragukan lagi, rasanya dijamin nikmat dan familier di lidah masyarakat. Namun, pernahkah kamu mendengar kopi yang dicampur dengan jamur?

Kopi jamur merupakan minuman yang populer dikonsumsi di Finlandia. Untuk membuatnya, kopi harus dicampurkan dengan ekstrak atau bubuk jamur. Contohnya jamur chagareishicordyceps, dan lion’s mane.

Walaupun kopi jamur terdengar aneh dan tidak menggiurkan, tetapi minuman ini kaya akan manfaat. Sebab, jenis jamur yang digunakan biasa dipakai untuk pengobatan tradisional. Berikut ini beberapa manfaat kopi jamur untuk kesehatan!AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

1. Dapat memperkuat imunitas tubuh

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jamur yang dicampurkan ke dalam kopi memiliki beragam manfaat. Salah satu yang telah terbukti secara ilmiah adalah kemampuannya dalam memperkuat imunitas tubuh. Dilansir Healthline, ini dimungkinkan karena sebagian besar jamur mengandung vitamin D

Zat tersebut memiliki pengaruh yang besar terhadap sistem imun. Ia memiliki sifat antiinflamasi dan dapat mendorong fungsi sel-sel imun seperti sel T dan makrofag. Keduanya berperan dalam memerangi patogen atau sel-sel penyakit.

2. Meningkatkan kesehatan otak

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Berikutnya, jamur juga mampu meningkatkan kesehatan otak.mereka dapat meningkatkan pertumbuhan neuron dan fungsi neurotransmiter, senyawa kimia yang bertugas menyampaikan sinyal di antara sel saraf.

Ini berarti bahwa dengan mengonsumsi jamur, kemampuan kognitif dan memori seseorang dapat terjaga atau bahkan meningkat. Dalam jangka panjang, hal ini bisa mencegah penyakit Alzheimer.

3. Mencegah penyakit asam lambung

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Kopi jamur, terutama yang menggunakan jamur chaga, berpotensi mencegah atau bahkan mengatasi penyakit asam lambung. Menurut penelitian yang diterbitkan dalam AGEN POKER ONLINE TERBAIK jamur chaga terbukti dapat mengatasi penyakit asam lambung pada tikus.

Bukan hanya itu, khasiat tersebut juga bisa kamu dapatkan dari jamur lion’s mane dan reishi. Seperti yang disebutkan di atas, keduanya sering dijadikan campuran untuk kopi.

4. Dapat membantu menurunkan risiko kanker

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Jamur ternyata memiliki khasiat yang begitu beragam. Mereka bahkan mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker. kamu bisa mendapatkan manfaat tersebut dari semua jamur yang sering dijadikan campuran kopi, yaitu reishichagalion’s manecordyceps, dan turkey’s tail.

Menurut berbagai studi ilmiah, jamur tidak hanya mencegah, tetapi juga membantu meredakan efek samping dari pengobatan kanker. Contohnya rasa mual dan muntah yang sering muncul setelah kemoterapi.

5. Mencegah penyakit jantung

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Terakhir, jamur yang disebutkan di atas juga baik untuk kesehatan jantung. Manfaat ini utamanya dimiliki oleh jamur reishi. tumbuhan tersebut dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam darah, sehingga risiko penyakit jantung bisa diminimalkan.

Kopi jamur mengandung kafein yang lebih sedikit

Pernah Dengar Kopi Jamur? Ini 5 Manfaatnya untuk Kesehatan

Kopi jamur ternyata memiliki kadar kafein yang lebih sedikit. Kadarnya bahkan hanya setengah dari kopi normal. Jadi, minuman ini cenderung lebih aman dikonsumsi oleh orang-orang yang sensitif terhadap kafein.

Walaupun begitu, ketahuilah bahwa jamur memiliki potensi untuk mengurangi efektivitas obat tertentu. Maka dari itu, jika kamu ingin mengonsumsinya secara rutin, konsultasilah dengan dokter terlebih dahulu.

Kombinasi jamur dan kopi ternyata baik untuk kesehatan kita. Namun, sayangnya karena minuman ini tergolong baru, belum banyak studi yang secara spesifik meneliti khasiatnya.

Lebih lanjut, kamu juga harus teliti saat ingin membeli kopi jamur. Sebab, tak sedikit penjual yang melebih-lebihkan klaim tetapi mengurangi porsi jamur yang terkandung. Akibatnya, khasiat minuman tersebut pun berkurang.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *