AsliDomino – Nasi adalah makanan pokok di berbagai negara, termasuk Indonesia. Bahkan, di Indonesia, banyak yang bilang bahwa makan tanpa nasi itu dianggap “belum makan”, walau sudah makan jenis karbohidrat lain.

Nasi merah mengalami lebih sedikit proses pengolahan, sehingga masih terdapat lapisan dedak (bekatul) serta nutrisi lain. Sementara itu, lapisan dedak pada nasi putih telah dibuang sehingga minim nutrisi, walaupun sudah difortifikasi.

Tak sekadar mengenyangkan, ternyata ada beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi nasi. Apa saja?

  • Mengurangi risiko diabetes

Melansir Mengonsumsi nasi merah telah diyakini dapat membantu orang-orang dengan diabetes untuk mengendalikan kadargula darah. Hal ini disebabkan indeks glikemik (IG) nasi merah yang lebih rendah (55), dibanding IG nasi putih (64).

  • Mencegah penyakit jantung

Berdasarkan laporan yang diterbitkan dalam jurnal Current Atherosclerosis Reports, serat dalam biji-bijian utuh dapat menurunkan kadar kolesterol jahat atau low-density lipoprotein (LDL), tekanan darah, serta meningkatkan respons glukosa dan insulin. Efeknya, bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

  • Mengurangi risiko kanker

Melansir WebMD, ada tiga jenis senyawa fenol yang berbeda pada nasi merah. Ketiganya memiliki sifat antioksidan. Salah satu peran antioksidan adalah melawan radikal bebas yang dapat merusak sel, pemicu sel kanker. Dengan mengonsumsi banyak makanan sumber antioksidan, maka risiko kanker pun dapat ditekan.

Senyawa fenol pada beras banyak terdapat di bagian bekatul, dan bagian inilah yang dihilangkan untuk membuat beras putih. Jadi, bila ingin nasi yang diperkaya antioksidan, sebaiknya pilih nasi merah.

  • Meningkatkan kesehatan pencernaan

Pati resistan merupakan bagian dari serat, dan fermentasi pati resistan ini dapat memicu produksi asam lemak rantai pendek atau short-chain fatty acids (SCFA), terutama jenis asam butirat yang berdasarkan hasil studi in vitro, diketahui memiliki karakteristik antitumor.

  • Penyedia energi dalam waktu singkat

Berdasarkan laporan dalam jurnal AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, ada dua jenis sumber bahan bakar utama yang akan dioksidasi oleh jaringan otot, yakni karbohidrat dan lemak. Itulah sebabnya ketersediaan akan karbohidrat yang cukup sangat diperlukan bagi pelaku olahraga untuk meningkatkan performa mereka.

Dibandingkan nasi merah, para atlet lebih memilih nasi putih sebagai sumber karbohidrat. Kenapa? Karena kandungan karbohidratnya yang tinggi dan seratnya yang rendah, membuat nasi putih menjadi penyedia energi dalam waktu singkat.

Itulah beberapa manfaat kesehatan nasi untuk kesehatan. Nah, kalau kamu sendiri lebih memilih nasi putih atau nasi merah?

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *