AsliDomino – Apakah kamu termasuk orang yang suka begadang atau tidur sering larut malam? Sebaiknya mulai sekarang kebiasaan tersebut dihentikan, ya! Karena, kurang tidur tak hanya membuat kamu mengantuk keesokan hari harinya, tapi jika ini terus terjadi bahkan jadi kebiasaan, itu bisa merugikan kesehatanmu.

begadang dan kurang tidur dapat mengundang banyak masalah kesehatan, seperti yang disebutkan berikut ini :

1. Obesitas

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal BMJ Open Sport & Exercise Medicine menemukan kaitan antara kurang tidur dengan angka indeks massa tubuh yang lebih tinggi dan risiko obesitas.

Penelitian tersebut menemukan bahwa mereka yang waktu tidurnya kurang dari 7 jam menunjukkan tanda-tanda peningkatan retensi garam dan penanda peradangan (inflamasi), penurunan kadar hormon leptin, serta penurunan sensitivitas insulin.
2. Diabetes

Mengutip laman AGEN POKER ONLINE TERBAIK, berdasarkan data International Diabetes Federation (IDF) Atlas 2017, Indonesia menempati peringkat ke-6 negara dengan jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia.

3. Penyakit jantung

Kualitas tidur seseorang dinilai dari seberapa sering terbangun saat malam hari dan frekuensi gerakan selama tidur, yang mencerminkan fase tidur.

Untuk meningkatkan kualitas tidur, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan. Di antaranya adalah:

  • Buat jadwal tidur yang tetap supaya otak dan tubuh bisa menciptakan alarm alami
  • Hindari minum kopi atau merokok sebelum tidur
  • Hindari melakukan olahraga berat sebelum tidur
  • Hindari atau batasi tidur siang, tidak lebih dari 20 menit
  • Hindari bekerja, menonton TV, atau menggunakan gadget di tempat tidur, supaya pikiranmu bisa relaks

Melansir dari hasil studi lain juga diketahui bahwa kurang tidur bisa meningkatkan tekanan darah tinggi dan naiknya risiko terkena serangan jantung hingga 20 persen.

4. Melemahkan sistem imun

Menjaga daya tahan tubuh tetap prima sangatlah penting, terutama di masa pandemik seperti sekarang. Kebiasaan kurang tidur ternyata berdampak pula terhadap melemahnya sistem imun.

Kesimpulan ini didapat dari hasil penelitian yang diterbitkan di jurnal Sleep yang melibatkan 164 laki-laki dan perempuan sehat usia 18-55 tahun. Hasilnya, mereka yang tidur kurang dari 6 jam lebih berisiko terkena flu hingga empat kali lipat, dibanding mereka yang tidur selama 6-7 jam.

5. Mengurangi fungsi kognitif

Menurut AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, secara jangka pendek, kurang tidur dapat menurunkan kemampuan kamu untuk fokus, menyimpan informasi, dan menciptakan ide-ide yang baru. Kurang tidur juga membuatmu lebih mungkin melakukan kesalahan.

Semoga penjelasan di atas menyadarkan kita bahwa tidur cukup dengan kualitas baik sangat penting dalam menunjang kesehatan tubuh. Karena itu, yuk, mulai sekarang biasakan tidur minimal 7 jam dalam sehari supaya kamu bisa beraktivitas dengan prima keesokan harinya, dan kesehatan tubuh pun terjaga.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *