AsliDomino – Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang paling sering dirasakan oleh banyak orang, mulai dari anak-anak hingga lansia yang disebabkan oleh banyak hal. Tak banyak diketahui, makanan dan minuman juga merupakan salah satu faktor penyebab timbulnya sakit kepala.

Jika kamu pernah mengalami sakit kepala setelah memakan sesuatu, kelima makanan dan minuman ini mungkin bisa jadi penyebabnya.

1. Alkohol dan anggur merah

Sering Sakit Kepala? 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Pemicunya

Alkohol dapat meningkatkan pengeluaran urin yang menyebabkan tubuh menjadi mudah untuk dehidrasi. Tubuh yang mengalami dehidrasi akan menyebabkan kepala sakit karena kurangnya cairan dalam tubuh.

Menurut jurnal penelitian dari AGEN POKER ONLINE TERBAIK minuman beralkohol sebagai pemicu dari 35,6%  peserta yang menderita migrain. Sedangkan anggur merah dilaporkan sebagai pemicu lebih dari 77% peserta yang menderita migrain.

2. Cokelat

Sering Sakit Kepala? 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Pemicunya

Banyak orang menyukai makanan yang satu ini, selain rasanya yang manis makanan ini juga dipercaya bisa membuat perasaan lebih baik. Namun menurut American Migraine Foundation, cokelat dianggap sebagai pemicu paling umum kedua untuk serangan migrain setelah alkohol. Mereka mengatakan bahwa itu mempengaruhi sekitar 22% orang yang mengalami migrain.

3. Kopi

Sering Sakit Kepala? 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Pemicunya

Kopi memang minuman yang digemari banyak orang apalagi jika dinikmati untuk memulai aktivitas maupun di tengah-tengah aktivitas. Sama seperti alkohol, kopi juga bisa menyebabkan tubuh menjadi dehidrasi yang merupakan salah satu pemicu sakit kepala.

Setiap orang memiliki kadar toleransi yang berbeda terhadap kafein. Oleh sebab itu, kamu harus mengetahui batas kafein yang bisa kamu konsumsi setiap harinya agar tidak memicu sakit kepala.

4. MSG

Sering Sakit Kepala? 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Pemicunya

Hampir seluruh masakan terutama di Indonesia menggunakan MSG untuk menambah rasa sedap pada masakan. Dilansir American Migraine Foundationmonosodium glutamate (MSG) terbukti dapat menyebabkan kram, diare, dan migrain yang parah pada 10% hingga 15% penderita migrain.

5. Keju tua

Sering Sakit Kepala? 5 Makanan dan Minuman Ini Bisa Jadi Pemicunya

Meskipun keju tua merupakan salah satu makanan yang mengandung beberapa manfaat baik untuk tubuh, namun untuk sebagian orang keju tua menjadi salah satu pemicu sakit kepala. Keju tua mengandung zat bernama tiramin yang terbentuk ketika penuaan makanan yang menyebabkan pemecahan protein.

Semakin lama umur keju, semakin tinggi kandungan tiramin di dalamnya. Sedangkan tiramin merupakan salah satu pemicu migrain. Selain keju tua, keju biru, keju cheddar dan makanan berfermentasi lainnya juga tinggi dengan kandungan tiraminnya.

Itu dia lima makanan dan minuman yang bisa menjadi pemicu sakit kepalamu. Tentunya setiap orang memiliki kadar toleransi yang berbeda-beda terhadap makanan. Oleh sebab itu, konsumsi makanan secukupnya dan tidak berlebihan agar tidak memicu munculnya sakit kepala.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *