AsliDomino – Masih banyak orang yang sehari-harinya menerapkan gaya hidup minim olahraga serta kurang gerak. Misalnya pekerja yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan duduk, rebahan, atau berbaring.

Untuk mengetahui apakah kamu termasuk kelompok yang kurang gerak atau tidak, bisa dicek tanda-tandanya sebagai berikut.

1. Selalu merasa lelah

Stres, pola makan yang buruk, serta ketidakseimbangan hormonal dapat menyebabkan seseorang merasa kelelahan. Akan tetapi, rasa lelah ini juga bisa diakibatkan oleh kurangnya aktivitas fisik.

Semakin seseorang kurang gerak, akan makin lelah dibuatnya. Hal tersebut disebabkan karena tubuh (jantung, paru-paru dan otot) mengalami dekondisi, yakni penurunan kemampuan atau fungsi untuk melakukan aktivitas sehari-hari.
2. Berat badan naik

Untuk mendapatkan berat badan ideal, jumlah asupan kalori setidaknya sama dengan jumlah kalori yang dibakar atau dimetabolisme menjadi energi. Tubuh yang jarang aktif atau pola hidup kurang gerak akan membuat jumlah kalori yang masuk lebih besar daripada yang dikeluarkan.

Kelebihan kalori ini kemudian disimpan dalam tubuh berbentuk lemak. Malas gerak juga bisa menyebabkan berat badan naik karena mampu menurunkan laju metabolisme.

3. Bernapas jadi lebih sulit

Selain bisa menyebabkan obesitas, kurang gerak juga dapat mengakibatkan penurunan fungsi jantung. Sanul Corrielus, MD, FAAC, ahli jantung bersertifikat dan pemilik Corrielus Cardiology di Philadelphia, AS, menerangkan dalam laman Real Simple, bahwa jantung sangat membutuhkan aliran oksigen yang baik. Terlalu sering duduk atau rebahan, membuat pernapasan menjadi dangkal, sehingga menghambat aliran oksigen ke jantung, menyebabkan penurunan fungsi jantung.

4. Sulit tidur

Tanda lainnya dari perilaku kurang gerak adalah sulit tidur. Mengutip AGEN POKER ONLINE TERBAIK, olahraga secara rutin bisa membuat tubuh jadi lelah, sehingga tidur lebih mudah.

5. Sering lapar

Minimnya aktivitas harusnya membuat tubuh tidak membutuhkan banyak makanan. Namun, yang terjadi justru sebaliknya. Kurang gerak akan membuatmu jadi sering lapar. Hal ini diakibatkan oleh meningkatnya kadar grelin alias hormon lapar.

Studi yang dimuat dalam AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA melibatkan 10 orang pemuda. Sebagian diminta melakukan olahraga rutin, dan sebagiannya lagi tetap mempertahankan kebiasaan kurang geraknya.

Setelah mengamati kadar hormon grelin serta nafsu makan partisipan, tim peneliti menyimpulkan bahwa olahraga memiliki efek positif dalam menekan rasa lapar akibat menurunnya kadar hormon grelin.

Kalau kamu mengalami satu atau beberapa tanda di atas, yuk, mulai sekarang ubah kebiasaan malas gerak dengan lebih aktif bergerak dan rutin olahraga. Selain untuk menjaga berat badan tetap ideal, kamu pun juga bisa mencegah berbagai penyakit!

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *