AsliDomino – Tubuh manusia terdiri dari 60-70 persen cairan. Karena itu, air berfungsi penting dalam menjaga kinerja organ vital, termasuk meningkatkan imunitas dan detoksifikasi alami melalui sistem limfatik (berupa urine).

Kasus kematian akibat overhidrasi tercatat dalam sebuah laporan dalam Journal of Clinical Pathology tahun 2003. Dijelaskan bahwa seorang perempuan berusia 64 tahun mengalami toksemia atau keracunan air, setelah semalaman minum air sebanyak 30-40 gelas.

Dampaknya sangat serius, bukan? Karena itu, sangat penting bagi kita untuk memahami tanda-tanda overhidrasi alias minum air secara berlebihan, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

1. Urine berwarna bening

Langkah pertama untuk tahu kondisi cairan tubuh adalah dengan melihat warna urine. Menukil laman AGEN POKER ONLINE  ahli urologi Vannita Simma Chiang, M.D., mengatakan bahwa warna urine yang ideal adalah kuning muda.

Menurutnya, bila warna urine kuning tua, itu tandanya kamu kurang minum air. Sebaliknya, bila warna urine jernih, itu tandanya kamu sudah kebanyakan minum. Namun, tak perlu langsung panik kalau melihat urine berwarna jernih, karena belum tentu kamu dalam kondisi bahaya. Itu adalah cara tubuh untuk memberi tahu kalau asupan airmu sudah terlalu tinggi.

2. Buang air kecil lebih sering dari biasanya

Rata-rata orang sehat akan buang air kecil setiap 3-4 jam sekali. Kalau lebih dari itu, itu adalah tanda overhidrasi. Bila air yang masuk banyak, maka tubuh akan berusaha untuk mengeluarkannya dalam jumlah yang banyak juga.

3. Otot lebih mudah kram

Karena natrium larut bersama dengan urine, tubuh jadi kekurangan natrium. Alhasil, otot akan lebih mudah mengalami kram dan kejang.

Melansir AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA, natrium dibutuhkan untuk mengatur jumlah air di dalam tubuh. Karena itu, kebutuhan natrium harus segera dipenuhi dengan minuman elektrolit atau makanan yang mengandung elektrolit seperti pisang dan selai kacang.

4. Minum saat tidak haus

Minumlah air hanya saat merasa haus, tenggorokan kering, mulut kering, atau setelah melakukan aktivitas yang melelahkan seperti olahraga.

Merujuk sebuah penelitian berjudul “Drinking Strategies: Planned Drinking Versus Drinking to Thirst” dalam jurnal Sport Medicine Journal tahun 2020, minum air putih untuk menjaga kesehatan tubuh sangat tergantung dengan intensitas gerakan tubuh.

5. Cepat merasa lelah

Rasanya sudah tidur cukup tapi masih merasa lelah? Kalau iya, mungkin penyebabnya adalah kelebihan cairan dalam tubuh. Melansir Mayo Clinic, minum terlalu banyak air dapat menyebabkan hilangnya energi, kantuk, atau rasa lelah terus-menerus karena terciptanya ketidakseimbangan elektrolit di dalam tubuh.

Tanda overhidrasi lainnya termasuk mual, muntah, sakit kepala, pusing, dan kebingungan mental. Namun, pada kasus yang sangat jarang, overhidrasi bisa mengakibatkan kejang, koma, bahkan kematian.

Itulah tanda-tanda tubuh mengalami overhidrasi atau kondisi tubuh kelebihan cairan. Air putih memang dibutuhkan tubuh dan menyehatkan. Namun, perhatikan asupannya. Kalau sampai kebanyakan minum air putih, bukan sehat yang didapat, justru bisa jadi petaka.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *