AsliDomino – Kamu tim telur ayam atau telur bebek? Keduanya sama-sama enak dan sering dikonsumsi dalam menu makan sehari-hari. Namun, bagaimana dengan kandungan nutrisinya dan di antara keduanya mana yang lebih sehat?

Selain warna dan harga, nyatanya telur ayam dan telur bebek memiliki kandungan nutrisi yang berbeda. Mana di antaranya keduanya yang lebih bernutrisi?

1. Perbedaan fisik dan rasa

telur bebek lebih besar daripada telur ayam. Satu telur bebek bisa setara dengan satu setengah atau dua butir telur ayam.

Dari segi warna, cangkang telur bebek bisa berwarna putih, biru, hitam, biru, dan abu-abu pucat. Ini karena faktor genetik atau pakan bebek.

Selain itu, bagian kuning telur bebek berwarna oranye keemasan yang cerah, sementara kuning telur ayam lebih ke pigmen kuning pucat.

Dengan warna kuning telur yang lebih cerah, telur bebek memiliki cita rasa yang lebih daripada telur ayam. Yang paling dominan, telur bebek memiliki tekstur yang lebih empuk.

Dari segi rasa, banyak yang bilang telur bebek rasanya lebih sedap, tetapi itu kembali lagi ke selera masing-masing.

2. Perbandingan nutrisi

Sudah dikenal luas bahwa telur adalah sumber protein dan lemak. Apalagi nutrisi yang dimiliki telur?

Berbagai riset menunjukkan kalau telur ayam dan bebek sama-sama kaya akan kolina, fosfor, riboflavin, selenium, vitamin A, dan vitamin B12. Baik bagian putih dan kuning telur ayam dan bebek kaya akan peptida bioaktif yang bermanfaat. Peptida ini adalah partikel protein yang dapat meningkatkan kesehatan optimal pada manusia.

3. Kelebihan telur ayam dan telur bebek

Keduanya memiliki berbagai kelebihan untuk kesehatan. Pertama, telur ayam dan telur bebek sama-sama dapat mencegah kekurangan vitamin D karena mengandung kadar yang memenuhi 8-9 persen angka kecukupan gizi (AKG) harian dalam porsi 100 gram.AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA

Memang baik telur ayam dan telur bebek adalah sumber protein. Dengan mengonsumsi kedua telur yang kaya protein tersebut, penelitian terkini menyebutkan bahwa kamu akan merasakan manfaat-manfaat sebagai berikut:

  • Nafsu makan lebih terkontrol;
  • Kenyang lebih lama;
  • Asupan kalori berkurang;
  • Penurunan berat badan.
4. Kekurangan telur ayam dan telur bebek

Nah, apa yang terjadi bila kebanyakan makan telur ayam atau bebek? Satu hal yang harus kamu tahu, saat dimasak, tidak semua nutrisi dalam telur bebek dan ayam terjaga. Meskipun keduanya sumber protein, jumlah kandungannya pada telur ayam dan bebek berbeda.

5. Jadi, yang mana yang lebih sehat?

Nah, kita tiba di perbincangan akhir. Setelah mengetahui perbedaan nutrisi dan fisik, manfaat, serta kerugiannya, manakah yang harus (lebih banyak) kita konsumsi? Apakah telur ayam atau telur bebek?

Jawabannya… terserah kamu. Tidak ada jawaban pasti mana yang harus kamu makan karena itu bergantung preferensi. Dua-duanya menyehatkan, kok! Akan tetapi, ada beberapa faktor yang bisa dijadikan pertimbangan, seperti:

  • Alergi: orang-orang yang alergi telur ayam tak perlu takut mengonsumsi telur bebek dan sebaliknya, karena perbedaan protein penyebab alergi. Meski demikian, konsultasikan dulu kepada dokter.
  • Ketersediaan: telur bebek memang lezat, tetapi karena beberapa faktor, telur ini bisa langka di beberapa daerah.
  • Selera pribadi: beberapa mungkin lebih menyukai rasa satu jenis telur daripada yang lain.
  • Harga: telur bebek umumnya lebih mahal ketimbang telur ayam.

Tak diragukan, telur adalah bahan makanan yang paling mudah diolah dan gampang ditemukan. Jadi, mustahil untuk tidak menemukan telur di rumah-rumah. Jika tak ada bahan makanan lain, tinggal ceplok atau rebus, dan siap dimakan. Tergantung preferensimu, kedua telur merajai lidah masing-masing orang.AGEN POKER ONLINE TERBAIK

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *