AsliDomino – Melihat orang marah sering kali memang sangat mengganggu, apalagi hal tersebut terjadi dalam jangka waktu panjang. Bahkan, selain merugikan orang lain, seseorang yang mudah marah juga rentan terhadap stres.

Namun ternyata, ada beberapa faktor penyebab yang mungkin jarang diketahui. Nah, supaya kamu nggak penasaran, temukan jawabannya di bawah ini!

1. Kurang tidur

Mulai sekarang, lebih baik kamu membuang kebiasaan begadangmu jika tidak perlu. Bagaimana tidak, kurang tidur adalah salah satu penyebab kenapa kamu mudah marah.

Sebuah penelitian dari Iowa State University, Amerika Serikat mengungkapkan, meskipun seseorang kurang tidur hanya beberapa jam pada malam hari, ini dapat menyebabkan mereka mudah marah, khususnya pada keadaan yang mudah membuat frustasi.

2. Overdosis kafein

Meskipun minuman berkafein seperti kopi memiliki rasa yang nikmat dan dapat mencegah kantuk, bukan berarti kamu bisa mengonsumsinya secara berlebihan. Tentu saja, ada dampak buruk di baliknya, salah satunya yakni mudah marah.

Seperti dilansir AGEN POKER ONLINE TERBAIK, hal demikian bisa terjadi lantaran kafein dapat menstimulasi saraf pusat yang salah satunya adalah otak. Pada kasus ini, kafein juga menipu otak untuk melepaskan hormon dopamin, serotonin, adrenalin dan norepinefrin yang pada akhirnya menimbulkan respons melawan. Dari respons tersebut iritabilitas, agitasi, dan kecemasan dapat dirasakan.

3. Hormon tidak seimbang

Diproduksi di endokrin, hormon memiliki peran penting untuk membantu mengendalikan proses tubuh, contohnya metabolisme dan reproduksi. Adapun penyebab yang memengaruhi keseimbangan hormon, beberapa di antaranya seperti :

  • Diabetes
  • Hipertiroidisme
  • Sindrom ovarium polikistik (PCOS)
  • Manupouse
  • Sindrom pramenstruasi (PMS), dan sebagainya

Selain itu, gaya hidup seperti kurang tidur, mengonsumsi makanan dengan gizi tidak seimbang serta mudah stres juga berkontribusi terhadap ketidakseimbangan hormon. Mengingat hormon memiliki peran penting terhadap kesehatan secara menyeluruh, dengan begitu banyak gejala yang ditimbulkan dari ketidakseimbangan hormon, contohnya seperti mudah lapar, mudah haus, berat badan bertambah dan tak terkecuali mudah marah.

4. Efek samping obat

Siapa sangka, konsumsi obat tertentu dapat menyebabkan mudah marah. Mengutip AGEN POKER ONLINE TERPERCAYA
, ini dapat terjadi lantaran obat dan zat bisa secara langsung bisa memengaruhi sistem saraf.

5. Depresi

Depresi merupakan gangguan suasana hati yang umum namun serius. Tak pandang bulu, gangguan satu ini dapat menyerang siapa saja.

Melansir laman Institut Kesehatan Nasional (NIH), adapun beberapa gejala yang disebutkan, seperti merasa sedih, kehilangan minat, merasa cemas hingga tak terkecuali mudah marah.

Jika kamu merasakan gejala depresi, konsultasi ke psikolog atau psikiater adalah pilihan yang tepat. Bagaimana tidak, jika dibiarkan terus menerus, depresi sendiri berisiko semakin parah dan dapat mengganggu kehidupan sehari-hari.

Jika orang terdekatmu mudah marah, jangan lantas kamu juga ikut naik pitam. Cari tahu penyebabnya, dengan begitu masalah akan lebih mudah diatasi.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *