AsliDomino – Lonjakan kasus COVID-19 membuat pemerintah Indonesia akhirnya memutuskan untuk mengambil kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di daerah Jawa dan Bali setidaknya hingga tanggal 20 Juli mendatang. Kebijakan ini di antaranya mengharuskan daerah PPKM Darurat untuk menutup sementara tempat wisata dan meminta kantor sektor non esensial untuk memberlakukan sistem kerja dari rumah atau work from home. Singkatnya, kebijakan ini dilakukan agar masyarakat lebih banyak melakukan aktivitas di rumah.

Meskipun baik untuk menekan angka penyebaran COVID-19, tetapi harus diakui bahwa terlalu lama beraktivitas di rumah membuat kita bosan dan menjadi stres. Lalu, apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi stres tanpa harus keluar rumah?

Berikut beberapa tips untuk menghilangkan stres selama di rumah dirangkum dari laman Forbes dan Verywell Mind.

1. Buat rutinitas

5 Tips Menghilangkan Stres karena Terlalu Lama di Rumah, Mudah Kok

Salah satu penyebab stres selama di rumah aja adalah karena banyaknya distraksi dan sulitnya mengatur jadwal kerja dan aktivitas lain. Untuk itu, kamu mungkin perlu mengatur jadwal untuk bekerja sehingga kamu dapat lebih fokus pada pekerjaan. Ini bisa berupa:

  • Mengatur alarm dan bangun pada waktu yang sama setiap hari;
  • Buat ritual pagi, seperti menghirup udara segar di sekitar rumah, meluangkan beberapa saat untuk meregangkan tubuh, atau bersantai sambil menikmati kopi atau teh di pagi hari;
  • Tetapkan waktu makan siang yang sama dan jauhi semua pekerjaan sepenuhnya;
  • Tandai akhir hari kerja, seperti membereskan bahan kerja dan meletakkannya jauh-jauh dari pandangan, berjalan-jalan sore di sekitar rumah, atau mandi.

2. Praktikkan perawatan diri yang diperlukan

5 Tips Menghilangkan Stres karena Terlalu Lama di Rumah, Mudah Kok

Meskipun bekerja dari rumah, tetap penting untuk memprioritaskan perawatan diri. Melakukan praktik perawatan diri dapat membantu kamu lebih memahami apa yang kamu butuhkan dalam hal keseimbangan kehidupan kerja. Luangkan waktu untuk mencari tahu cara terbaik untuk menjaga diri sendiri dan memenuhi kebutuhan. Beberapa cara mempraktikkan perawatan diri bisa berupa:

  • Olahraga,
  • meditasi,
  • yoga,
  • membaca di waktu luang,
  • tidur siang,
  • menonton film,
  • menghabiskan waktu bersama keluarga.

3. Ubah lingkunganmu

5 Tips Menghilangkan Stres karena Terlalu Lama di Rumah, Mudah Kok

Pada situasi pandemik seperti ini, kamu tidak bisa selalu meninggalkan rumah untuk mencari hiburan dan menghilangkan stres, tetapi kamu dapat mengatasi stres dengan mengubah lingkungan rumahmu. Misalnya, jika kamu terbiasa bekerja di dalam kamar, kamu bisa pindah ke ruang tamu agar tidak bosan. Atau, pindahkan meja kerjamu di dekat jendela agar tetap dapat menghirup udara luar dan memandang ke luar untuk menyegarkan mata.

Perubahan lingkungan ini akan membantu kamu fokus pada sesuatu yang berbeda. Jika kamu memiliki halaman, pergilah ke sana untuk mencari udara segar atau berjalan-jalan untuk menjaga aliran darah tetap lancar.

4. Bergerak di sekitar rumah

5 Tips Menghilangkan Stres karena Terlalu Lama di Rumah, Mudah Kok

Bergerak bisa menjadi penangkal stres yang hebat. Jadi, pastikan kamu selalu memasukkan jeda gerakan pendek ke dalam setiap aktivitasmu, baik saat bekerja atau bersantai. Sedikitnya lima menit berolahraga sudah cukup untuk mengurangi perasaan stres dan frustrasi. Kamu bisa berjalan di sekitar rumah, melakukan rutinitas yoga 10 menit, menari, atau apa pun.

Kuncinya hanya bergerak. Gerakan tidak hanya akan membantu mengurangi stres, tetapi juga membantu mencegah kekakuan, sakit kepala, dan mata tegang. Ini juga memastikan kamu menjauh dari layar HP dan laptop untuk setidaknya sebentar setiap hari.

5. Dapatkan tidur yang cukup

5 Tips Menghilangkan Stres karena Terlalu Lama di Rumah, Mudah Kok

Pastikan untuk memprioritaskan bersantai di malam hari dan mempraktikkan kebersihan tidur yang baik. Esok harinya, kamu akan bisa bangun pagi dan memiliki energi dan semangat untuk beraktivitas.

Perlu diakui, terlalu lama berada di rumah adalah penyebab stres yang harus diperhatikan. Kendati begitu, dengan berfokus pada apa yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi stres ini, kamu dapat meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental yang baik untuk daya tahan tubuh.

By ichigo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *